Wacana Pembentukan Panja Gula Bergulir

Kepala BKPM, Thomas T. Lembong.
Sumber :
VIVA.co.id
Komisi VII Dukung Upaya Pemerintah Perkuat Pertamina
- Neraca gula nasional yang hingga kini tak kunjung jelas, membuat pimpinan dan anggota Komisi VI sempat menggulirkan wacana pembentukan panitia kerja (Panja) gula. Dimana, antara kebutuhan gula di dalam negeri dengan kebijakan impor tak seimbang.

Pimpinan DPR Nilai Sudah Cukup Bukti Jadikan Ahok Tersangka

Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Heri Gunawan mengkritik tajam Menteri Perdagangan Thomas Lembong dalam rapat kerja menyangkut kebijakan impor gula. Berkali-kali pihaknya meminta data neraca gula sejak dulu, tapi hingga kini tak kunjung jelas. Kemendag belum memberikan data konfrehensif soal ini.
Cita Citata Cabut Laporan terhadap Anggota DPR


Faktanya, impor gula yang pada tahun ini sudah mencapai 2,2 juta ton, telah menyengsarakan petani. Ironisnya, target impor itu malah akan ditingkatkan hingga 3,12 juta ton.


“Kita sudah sering meminta neraca gula. Tapi tidak ada solusinya. Ini contoh kasus kecil. Kita usulkan kepada Pimpinan untuk tidak tanggung-tanggung membentuk Panja gula supaya jelas dan transparan, apa yang sesungguhnya terjadi,”ujar politisi Partai Gerindra di Senayan, Senin 28 September 2015.


Menurutnya, salah hitung atas kebutuhan dan kuota impor gula harus ditelusuri. Masalah gula begitu sensitif, karena ia merupakan komoditas penting setelah beras. Anggota Komisi VI lainnya juga menyambut baik wacana pembentukan Panja gula ini. Dengan Panja ini diharapkan semua fakta dan data terungkap secara jelas, sehingga publik tahu siapa yang bermain-main dengan komoditas penting ini. (www.dpr.go.id)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya