Pemerintah Harus Tegas Tangani Masalah Kebakaran Hutan

Kebakaran lahan dan hutan
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Siswowidodo
VIVA.co.id
Komisi VII Dukung Upaya Pemerintah Perkuat Pertamina
- Wakil Ketua DPR RI Agus Hermanto meminta pemerintah untuk lebih sigap dan tegas dalam menangani masalah kebakaran hutan, karena masalah ini menurutnya sudah harus dimasukkan pada kategori bencana nasional.

Pimpinan DPR Nilai Sudah Cukup Bukti Jadikan Ahok Tersangka

"Karena memang kebakaran hutan ini benar-benar mengkhawatirkan dan membawa dampak yang signifikan bagi Indonesia,” ujar Agus.
Cita Citata Cabut Laporan terhadap Anggota DPR


Jika masalah ini dijadikan kategori bencana nasional, Agus mengatakan bahwa penanganannya pun akan dilakukan secara nasional dan anggarannya juga akan disiapkan secara nasional.


"Saya terus terang melihat ketidakseriusan pemerintah dalam menangani masasalah kebakaran hutan,” ujar Agus.


Oleh karena itu, ia senantiasa mendorong pemerintah untuk lebih tegas, sigap dan tepat dalam mengatasi masalah ini. Ia pun meminta agar status kebakaran hutan dijadikan bencana nasional.


"Kita tidak perlu malu-malu karena memang ini adalah bencana nasional yang merugikan dan menyengsarakan rakyat Indonesia sehingga harus ditangani secara nasional dan profesional", kata Agus.


Terkait sikap pemerintah yang menolak bantuan asing untuk menangani masalah kebakaran hutan, Agus mengatakan bahwa langkah ini sudah betul, karena bantuan ini nantinya dapat dijadikan alat oleh pihak luar untuk memperoleh kepentingan tertentu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya