Curhat Pengusaha ke Jokowi soal Kondisi Ekonomi RI

Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional Asosiasi Pengusaha Indonesia, Hariyadi B. Sukamdani
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin
VIVA.co.id
Sofjan Wanandi: Demo Tak Pengaruh Iklim Investasi
- Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Haryadi Sukamdani, hari ini menghadap Presiden Joko Widodo untuk melaporkan kondisi terkini dunia usaha di Indonesia. Usulan dari sedikitnya 25 sektor usaha untuk memperbaiki kondisi ekonomi saat ini disampaikan secara gamblang. 

Produk UKM Pedesaan Masih Kesulitan Promosi
Haryadi usai pertemuan tersebut menjabarkan ada empat solusi jangka pendek yang bisa dilakukan pemerintah untuk menjaga stabilitas dunia usaha di tengah gejolak ekonomi dunia saat ini.

Jokowi: Tax Amnesty Jadi Jawaban Merebut Dana Investasi
Pertama, pemerintah harus segera menderegulasi peraturan-peraturan yang menghambat dan menimbulkan biaya tinggi yang harus ditanggung dunia usaha. 

"Kedua, yang kami usulkan adalah relaksasi kebijakan menyangkut banyak hal, khususnya mengenai fiskal," ujar Haryadi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa 29 September 2015. 

Usulan mengenai kebijakan ketenagakerjaan yang lebih kondusif bagi iklim usaha menjadi prioritas ketiga yang harus segera diselesaikan pemerintah. 

"Termasuk kebijakan upah minimum yang realistis," tuturnya. 

Keempat, menurut dia, kebijakan pemerintah harus fokus dalam upaya menjaga daya beli masyarakat. Sebab, konsumsi masyarakat menjadi salah satu mesin pendorong perekonomian di Indonesia. 

"Dengan pengendalian biaya inflasi dan juga percepatan biaya pemerintah, serta relaksasi di bidang kredit perbankan," ungkapnya.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya