Ini Miliarder Muda Berusia di Bawah 40 Tahun

Pendiri WhatsApp, Jan Koum.
Sumber :
  • Forbes
VIVA.co.id
Zuckerberg: Kuartal Ini Bagus Berkat Video
- Forbes 400 merilis miliarder muda yang usianya di bawah 40 tahun. Forbes 400 mengalami perubahan dibandingkan 11 tahun lalu dimana miliarder berusia di atas 40 tahun. 

Segera, Bisa Blokir Iklan Pengganggu di Facebook
Dikutip dari Forbes, Rabu 30 September 2015, mayoritas miliarder muda ini mendapatkan uang dari bisang teknologi dan hampir sepertiganya adalah pendatang baru di Forbes 400. 

Lima Orang Terkaya di Afrika Selatan
Di bagian atas ada nama pemilik Facebook, Mark Zuckerberg, 31, dengan kekayaan bersih mencapai  US$40,3 miliar. 

Saham Facebook naik hampir 25 persen pada tahun lalu- dan telah mencapai satu miliar pengguna pada Agustus 2015. 

Akibatnya, Zuckerberg meraih pendapatan terbesar di antara rekan-rekannya, dan ia masuk dalam jajaran 10 besar Forbes 400 untuk pertama kalinya. 

Di luar dunia usaha, Zuckerberg dan istrinya, Priscilla Chan, telah menyumbangkan jutaan dolar untuk pendidikan. 

Di samping Zuckerberg dua pendiri lainnya yaitu Dustin Moskovitz, 31 dan Sean Parker, 35. Sejak keduanya meninggalkan perusahaan,  Moskovitz, yang membantu meluncurkan situs dari asrama Harvard, ia mendirikan perusahaan software Asana pada tahun 2008 dengan kekayaan senilai US$8,4 miliar

Sedangkan Parker, terkenal sebagai pencipta Napster sebelum menjadi presiden pertama Facebook, telah mengarahkan fokusnya terhadap filantropi. Kekayaannya mencapai US$2,5 miliar.

Bersaing dengan Facebook adalah Snapchat, aplikasi foto-pesan yang dibuat  oleh Evan Spiegel, 25, dan Bobby Murphy, 27. Mereka masing-masing memiliki kekayaan US$2,1 miliar dan US$1,8 miliar. "Kami tidak keren. Jadi kami mencoba untuk membangun sesuatu," kata Murphy.

Miliarder muda lainnya adalah Jan Koum, 39 dengan kekayaan mencapai US$7,7 miliar dengan aplikasi WhatsApp. Saat ia tiba di Amerika dari Ukraina, Koum remaja bekerja menjadi menyapu lantai sementara ibunya adalah penjaga anak untuk memenuhi kebutuhan. 

Hari ini, itu aplikasi pesan WhatsApp sudah memiliki 900 juta pengguna pada bulan September 2015.

Pendiri Airbnb, Nathan Blecharczyk, Brian Chesky dan Joe Gebbia. Ketiganya membuat website sewa apartemen yang dimulai saat Gebbia dan Chesky mengawali dengan menyewakan kasur udara pada tahun 2007. 

Saat ini mereka telah mengumpulkan US$1,5 miliar pada Juni. Perusahaan ini sekarang bernilai lebih dari US$25 miliar. (ren)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya