Pemerintah Luncurkan Portal Layanan Ekspor Impor

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
VIVA.co.id
Mengoptimalkan Aset Negara
- Pemerintah secara resmi meluncurkan portal baru dari Indonesia National Single Window (INSW) guna mendukung kelancaran ekspor maupun impor di pelabuhan. Nantinya, portal ini akan secara langsung terintegrasi dengan ASEAN Single Window (ASW).

Strategi Menhub Jangkau Konektivitas Daerah Terpencil
Menteri Keuangan, Bambang Brodjonegoro, mengatakan, portal INSW ini akan semakin meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan kepada konsumen. Terlebih, dengan beberapa fitur baru, upaya ini mampu bermanfaat terutama bagi kalangan dunia usaha.

Pulau Tax Haven, Untung Rugi Masih Dikaji
"Perubahan ini untuk meningkatkan kualitas layanan, terutama menyediakan aturan dan regulasi. Ini bisa bermanfaat bagi pengusaha untuk ajukan izin. Potensi permasalahan dalam pengajuan ekspor impor bisa dihindari," kata Bambang di kantornya, Jakarta Pusat, Rabu 30 September 2015.

Dalam pelaksanaannya, pemerintah juga telah membentuk Satuan Kerja Pengelola Portal INSW yang merupakan lembaga permanen non struktural yang berada di bawah Kementerian Keuangan dan mempunyai tanggung jawab secara langsung.

Bambang menjelaskan, satuan kerja ini nantinya bertugas untuk mengelola portal INSW dalam penanganan dokumen kapabeanan, perizinan, serta dokumen lain yang berkaitan dengan kegiatan ekspor dan impor secara elektronik. Di mana satuan ini akan meliputi kepala, sekretaris, serta tiga orang deputi lain.

Oleh karena itu, dia meminta kepada jajaran satuan kerja INSW mampu bekerja secara optimal dalam menyusun langkah strategis dalam pengembangan portal INSW. Pada akhir tahun ini portal tersebut bisa berjalan secara efektif.

"Saya minta satuan kerja INSW untuk meningkatkan kembali kualitas layanan, serta penggabungan kepada sistem ASW yang ditargetkan mulai beroperasi pada akhir tahun ini," kata dia.

Sekadar informasi, portal INSW adalah sistem elektronik yang terintegrasi secara nasional yang dapat diakses melalui jaringan internet. Berikut fitur baru dalam portal INSW yang baru:

1. Informasi umum dan berita seputar INSW.
2. Peraturan yang terkait dengan proses clearance (kepabeanan dan cukai, dan peraturan KL).
3. e-Service yang berisi informasi barang larangan dan pembatasan, BTBMI, dan Manifest.
4. Link ke ASW.
5. Link ke portal instansi lain yang terlibat dalam INSW.
6. Forum diskusi.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya