Hasil Kunjungan Pimpinan DPR ke Saudi Arabia

Pimpinan DPR Naik Haji
Sumber :
  • Twitter @fadlizon
VIVA.co.id
Komisi VII Dukung Upaya Pemerintah Perkuat Pertamina
- Ketua DPR RI Setya Novanto mengatakan bahwa kepergiannya ke Saudi Arabia bersama rombongan DPR lainnya adalah dalam rangka memenuhi undangan resmi dari raja Saudi.

Pimpinan DPR Nilai Sudah Cukup Bukti Jadikan Ahok Tersangka

"Dalam undangan ini, selain untuk memenuhi undangan raja, saya selaku pimpinan DPR tentu ingin melihat bagaimana pelaksanaan haji secara langsung,” ujar Novanto, saat dihubungi melalui telepon di Saudi, Rabu 30 September 2015.
Cita Citata Cabut Laporan terhadap Anggota DPR


Atas tragedi Mina yang telah merenggut ribuan korban jiwa, Novanto mengatakan bahwa ia telah menyampaikan kepada staf khusus raja Saudi untuk segera melakukan evaluasi bersama negara Islam lainnya yang tergabung dalam OKI.


"Kami pimpinan DPR tentu tergerak untuk melihat kondisi rakyat kita yang sedang mengalami musibah disana,” ujar Novanto.


Sementara itu Wakil Ketua DPR Fadli Zon mengatakan bahwa masih banyak hal yang bisa ditingkatkan dari pelaksanaan ibadah haji ini.


"Misalnya kualitas tenda kita di Arafah itu banyak yang sudah tidak layak. Begitu juga dengan pengairan dan toiletnya,” kata Fadli.


Ketika meninjau di Mina, tempat terjadinya insiden, Fadli juga mengungkapkan bahwa masih ada beberapa kekurangan seperti tidak adanya Standart Operational Procedure (SOP).


"Mestinya ada semacam SOP dalam keadaan normal seperti apa dan keadaan darurat harus seperti apa,” ujar Fadli.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya