Rieke: Paket Ekonomi dan PHK Harus Lindungi Hak-hak Pekerja

Infografis PHK 2015
Sumber :
  • VIVA.co.id
VIVA.co.id
Komisi VII Dukung Upaya Pemerintah Perkuat Pertamina
- Anggota Komisi IX DPR RI Rieke Diah Pitaloka memberikan tanggapan terkait paket ekonomi Jokowi dan paket PHK. Menurutnya harus menjadi politik tetap pemerintah untuk  lahirkan kebijakan yang mendorong terciptanya lapangan kerja dan melindungi hak-hak pekerja yang simultan dengan perlindungan dan penguatan terhadap industri dan pengusaha nasional.

Pimpinan DPR Nilai Sudah Cukup Bukti Jadikan Ahok Tersangka

Menurut Rieke sangat disayangkan tak satu pun yang menyentuh persoalan ketenagakerjaan secara utuh dan komprehensif. Bahkan tidak memperlihatkan integrasi antara kebijakan ekonomi, perindustrian dan perdagangan dengan ketenagakerjaan.
Cita Citata Cabut Laporan terhadap Anggota DPR


“Seolah semua investasi dalam industri dan perdagangan tak ada korelasi dengan tenaga kerja. Jangan sampai paket ekonomi justru ciptakan deindustrialisasi nasional yang lahirkan paket PHK,” ujar Rieke, di Senayan, Kamis 1 Oktober 2015.


Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa data yang dihimpun dari berbagai media memperlihatkan dengan sangat terpaksa industri harus melakukan efisiensi, termasuk pengurangan jam kerja hingga PHK karyawan. Empat sektor yang paling banyak melakukan pemutusan kerja (Januari-September 2015) adalah industri diantaranya, garmen sekitar 36.000 orang, sepatu sekitar 10.000 orang, elektronik 15.000 orang dan batubara 10.000 orang.


Data Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) (Januari 2015-September 2015) menunjukkan total PHK Nasional sejumlah 79.425 orang (data rincian PHK bisa dilihat di
).


“Desember kita masuk MEA. Sekali lagi bangsa ini membutuhkan kebijakan ekonomi yang melindungi dan memperkuat industri nasional, sekaligus menciptakan lapangan kerja,  melindungi dan memperkuat pekerja Indonesia,” ujar Anggota Komisi IX DPR dari Fraksi Partai PDI Perjuangan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya