Mentan Lepas Ekspor Kacang Hijau 60 Ribu Ton

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman
Sumber :
VIVA.co.id
Indonesia Terancam Krisis Petani
- Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman melepas ekspor kacang hijau sebanyak 60 ribu ton yang diproduksi CV Hasil Tani Sejahtera di Gresik, Rabu 30 September 2015.

Kurang Tenaga Pertanian, Indonesia Darurat Pangan

Mentan mengatakan upaya mengekspor kacang hijau tersebut merupakan bentuk kontribusi sektor pertanian di tengah pelemahan rupiah saat ini. Sebab disaat perekonomian Indonesia sedang melemah, di satu sisi Indonesia masih bisa mengekspor. Sejauh ini pelemahan perekonomian Indonesia tidak begitu berdampak pada petani.
Rutin Impor Daging Sapi, Solusi Turunkan Harga?


"Ekspor kacang hijau secara nasional mencapai 60 ribu ton. Ini naik sekitar 20 persen. Ini yang harus kita syukuri. Meskipun ada pelemahan ekonomi, namun hal ini tidak berdampak pada perekonomian kita," kata Mentan.


Sementara itu, Direktur CV Hasil Tani Sejahtera Sumanto mengungkapkan pabriknya tidak mengimpor kacang hijau selama dua tahun. Namun selama dua tahun tersebut, justru melakukan ekspor kacang hijau. Menurutnya kualitas kacang hijau di pabriknya lebih bagus dari luar negeri.


"Selama dua tahun ini kami tidak melakukan impor, kami malah mengekspor. Memang lima tahun sebelumnya kami terus melakukan ekspor. Kemudian, Kualitas kacang hijau kami sama kayak luar negeri. Bahkan kualitasnya lebih bagus dari Myanmar," ujar Sumanto kepada wartawan saat ditemui di pabriknya.


Adapun kacang hijau yang siap diekspor ke Filipina dan Tiongkok oleh CV Hasil Tani Sejahtera yakni sebanyak 3.000 ton. Sedangkan untuk tahun ini bisa mengekspor kacang hijau sekitar 5.000 ton per tahun.


"Kita akan ekspor ke Filipina dan Tiongkok. Kalau ekspor tahun ini kita bisa mengekspor sekitar 3.000 hingga 5000 ton per tahun," jelas Sumanto.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya