Ini Syarat Jika Pemerintah Ingin Target Inflasi Tercapai

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suryamin
Sumber :

VIVA.co.id -  Badan Pusat Statistik (BPS) memaparkan dua syarat agar target inflasi pemerintah yaitu 4 plus minus 1 pada akhir tahun akan tercapai.

Cari Data Investasi Lebih Akurat BKPM Gandeng BPS

Syarat  yang pertama adalah terus melakukan pemantauan harga beras serta pasokannya, dan kedua adalah tidak menaikkan harga BBM. Kepala BPS, Suryamin, menegaskan dengan dua faktor itu, pihaknya optimistis pemerintah akan bisa mencapai target inflasi 4 plus minus 1 pada akhir tahun.  

"Kita optimis bisa mencapai target yaitu 4±1,  atau bahkan bisa kurang dari target interval ini. Dan ini bisa tercapai jika dilakukan pemantauan beras dan yang kedua adalah tidak menaikkan harga BBM (bahan bakar minyak)," Kata Suryamin di Kantornya, Kamis 1 Oktober 2015.
Jawa Sumbang 58,1 Persen Ekonomi RI di Kuartal II 2016

Ia mengaku optimistis karena sampai akhir tahun tidak akan ada lagi momen-momen yang memicu inflasi seperti Lebaran. "Karena ke depan tidak ada lagi momen atau kejadian yang menyebabkan lonjakan harga, yang tidak sebesar Lebaran lalu," kata dia.
Ekonomi Tumbuh karena Pemerintah Lakukan Ini

Suryamin menegaskan, dengan pemerintah menjaga kedua syarat itu, maka pergerakan inflasi di masyarakat akan membaik bahkan akan bisa mencapai di bawah interval tersebut.  Andil dari kedua komponen tersebut dinilai cukup besar untuk mengendalikan inflasi. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya