Buruh Minta Pemerintah Buat Terobosan Hentikan PHK

Ribuan Buruh Kepung Istana
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi
VIVA.co.id
63 Ribu Buruh Pabrik Tekstil Terancam PHK, Ini Kata Apindo
- Pemutusan hubungan kerja (PHK) yang terjadi akhir-akhir ini disebut-sebut sebagai tragedi ekonomi. Hal ini dikatakan oleh Ketua Umum Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI), Yorrys Raweyai.

Buruh Tuntut Harga BBM Turun Jadi Rp5.000

Yorrys meminta pemerintah turut andil dalam melakukan terobosan-terobosan, agar PHK tak berlangsung lagi. Tak hanya itu, Yorrys mengatakan bahwa pihaknya turut memberikan masukan kepada pemerintah.
Jaringan Media Al Jazeera akan PHK Karyawan di Seluruh Dunia


"Kalau tidak di-
back up
(didukung) regulasi dari pemerintah dan kalangan pengusaha, percuma saja," kata dia, dalam konferensi pers 'Speak Up Forum PHK Besar-Besaran: Sebuah Tragedi atau Turbulensi Ekonomi' di kantor pusat Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO), Gedung Permata Kuningan, Jakarta, Kamis 1 Oktober 2015.


Yorrys mengatakan, PHK ini merupakan imbas dari kondisi perekonomian yang saat ini terjadi dan geopolitik nasional.


"PHK sebagai sebuah tragedi, yes (itu benar)," kata Yorrys


Yorrys mengatakan, pengusaha mencermati kondisi perekonomian dunia saat ini selama beberapa bulan ke depan. Kalau tak kunjung membaik, mereka cemas akan lebih banyak pemangkasan jumlah karyawan.


"Belajar dari (krisis) 1998. Melihat kondisi sekarang, yang diperhatikan pengusaha adalah antisipasi tiga bulan ke depan," kata dia dia. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya