Cegah Kiamat, Ini yang Dilakukan Amerika-Eropa

Asteroid dalam perjalanan ke Bumi (ilustrasi)
Sumber :
  • dailymail.co.uk

VIVA.co.id - Banyak ilmuwan percaya jika asteroid akan menjadi penyebab akhir dunia. Meski NASA yakin tidak ada asteroid yang akan menghantam bumi dalam kurun seribu tahun ke depan, tetap saja mereka melakukan antisipasi untuk mencegah kiamat asteroid.

Tim ilmuwan Amerika dan Eropa, NASA dan ESA, mengklaim telah bekerja sama membuat simulasi pencegahan kiamat asteroid. Mereka menyebutnya dengan nama Cosmic Billiard, yang melibatkan sepasang batu luar angkasa yang dipantulkan atau saling menyenggol, agar bisa keluar dari jalur.

Seperti dilansir dari Daily Star, Jumat, 2 Oktober 2015, misi The Asteroid Deflection and Assessment ini akan memanfaatkan asteroid Didymos yang memiliki lebar 750 meter.

Bumi Dibayangi Dua Komet Pekan Ini

Asteroid yang akan dipantulkan untuk menggambarkan pola asteroid menjauh ke bumi, akan menggunakan bulan mini Didymoon.

Dijelaskan kepala ilmuwan ESA, Dr. Patrick Michel, skema ini akan dilakukan pada 2022 nanti. Dalam prosesnya, Didymoon, yang hanya berukuran 160 meter akan diarahkan untuk menghantam Didymos.

Dengan demikian, akan terlihat jika asteroid itu berpindah haluan. Jika berhasil dilakukan maka Bumi akan terhindar dari potensi tabrakan asteroid yang menyebabkan kiamat.

"Untuk melindungi bumi dari kehancuran, kita harus lebih dulu mengerti pola asteroid dengan baik. Dari apa mereka terbuat, struktur, asal dan bagaimana mereka merespons terhadap sebuah tubrukan," ujar Michel.

Pada 2020, sepasang pesawat kembar akan diterbangkan ke luar angkasa. Mereka akan menunggu kemunculan dua asteroid itu, yang dijadwalkan akan melintas pada Mei 2022.

Sub misi ESA, yang dinamakan Asteroid Impact Mission, akan mengukur pola dan gerak Didymoon. Bahkan sebuah robot direncanakan akan mendarat di permukaannya. Pada akhirnya, pengukuran itu bisa dijadikan patokan untuk menggiring Didymoon menjauh dari jalurnya.

Didymos pernah berada dekat dengan bumi pada 2003 lalu. Jaraknya sekitar 4,46 juta mil dari bumi.

Selain membuat Cosmic Billiard, NASA juga sedang berupaya mencegah kiamat dengan membuat senjata yang bisa ditembakkan untuk menghancurkan asteroid. (ase)

Terapkan Hal ini agar Dapatkan Syafaat di Hari Kiamat
Ilustrasi asteroid dekati Bumi.

NASA Siapkan Pesawat Khusus untuk Asteroid Pengancam Bumi

Pesawat OSIRIS-Rex akan diluncurkan September 2016

img_title
VIVA.co.id
1 Agustus 2016