2-9-1958: Guini Merdeka, Afrika Perang Dingin

Guini
Sumber :
  • Africaguinee.com
VIVA.co.id
Tanggapan Muslim di Afrika atas Menangnya Trump
- Guinea (Guini), sebuah wilayah di Afrika yang menjadi jajahan Prancis memproklamasikan kemerdekaannya pada 2 Oktober 1958. Seorang Muslim, Ahmad Sekou Toure, menjadi pemimpin pertama negara tersebut.

RI-Afsel Perkuat Kerja Sama Perdagangan dan Investasi

Berbeda dengan wilayah bekas jajahan Prancis lainnya, Guini menolak bergabung dengan negara Afrika lain yang bergabung dengan Komunitas Perancis. Toure memilih Guini bebas independen. Akibatnya, Perancis menarik semua bantuan dari republik baru tersebut.
Pemimpin Senior Al Qaeda Tewas Akibat Serangan Udara


Keputusan  Toure ini membuat Amerika khawatir. Toure terkenal sebagai seorang nasionalis garis keras dan sangat anti imperialis. Ia kerap mengungkapkan kemarahannya pada Amerika Serikat dan koloninya, yaitu Inggris dan Perancis. Ia juga secara terbuka menolak dan mengutuk pemerintahan minoritas kulit putih di Afrika Selatan.


Apalagi Guini juga secara terang-terangan menerima bantuan dana dan senjata dari Uni Soviet. Tahun 1960, nyaris seluruh ekspor dari negara tersebut lari ke Blok Timur. Soviet juga mengucurkan jutaan dollar ke Guini, dan secara terbuka Toure menyatakan ketertarikannya pada Mao di China.


Namun dalam perjalanan negara tersebut, Toure terkenal pandai memainkan konflik yang menguat antara Amerika Serikat dan Uni Soviet. Tujuannya, ingin mendapatkan bantuan dan perdagangan. Media Amerika menyebut negara tersebut sebagai "Red Guinea." Namun Guini tak pernah benar-benar menjadi "merah."


Dikutip dari
history.com
, setelah sempat bermesra dengan Soviet, Toure kemudian  mendekat ke Amerika Serikat. Hubungan Guini dengan AS sempat membaik di masa pemerintahan John F. Kennedy. Masa itu, Guini pernah menolak permintaan Soviet yang meminta izin agar pesawatnya bisa mendarat untuk mengisi bahan bakar saat terjadi krisis rudal tahun 1962.


Namun tahun 1975, Guini kembali mengubah arah. Ia memutuskan kembali mengizinkan pesawat tempur Soviet dan Kuba untuk menggunakan bandaranya saat masa perang saudara di Angola. Lalu tahun 1977, Guini kembali mengubah arah. Negara itu kembali mendekat ke Prancis dan Amerika Serikat. Kecerdikan Toure memainkan kedekatan dengan AS dan Soviet memberi keuntungan bagi negara tersebut.


Ketakutan Amerika akan pengaruh komunis paska penjajahan kolonial di Afrika membuat negara adi daya tersebut membabi buta. Guini dengan tepat memainkan emosi perebutan kekuasaan tersebut. Sehingga paska Perang Dunia II, Afrika menjadi wilayah pertempuran lain bagi Amerika dan Uni Soviet.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya