Intip Kepintaran Robot Ponsel dalam Genggaman

Robot ponsel Robohon buatan Sharp
Sumber :
  • YouTube/Engadget Japan

VIVA.co.id - Umumnya ponsel pintar (smartphone) itu berbentuk kotak persegi sehingga mudah dalam genggaman dan mengoperasikannya. Di Jepang, beda lagi. Bagi negeri Matahari terbit tersebut, smartphone itu seperti robot.

Jepang memiliki alat komunikasi berbentuk menyerupai robot kecil. Ada kepala, tangan, dan kaki. Sekilas dari tampak depan tak ada yang mengira kalau robot lucu ini adalah smartphone. Itu akan terungkap bila membalikannya, karena di punggungnya terdapat layar sentuh seperti ponsel pintar pada umumnya.

Dilansir dari PC World, Senin, 12 Oktober 2015, Robohon adalah perpaduan kata antara robot dan phone. Ini merupakan hasil inovasi dari Sharp. Dengan tinggi sekitar 20 centimeter, Robohon memiliki spesifikasi layaknya ponsel.

Terdapat kamera, layar sentuh, microphone, speaker, hingga proyektor yang terdapat dalam tubuh robot mini ini. Kemudian, tersemat sistem pengenal wajah dan suara pemiliknya yang tertanam di Robohon.

Menariknya, tak hanya berfungsi sebagai alat komunikasi, Robohon juga bisa bergerak seperti robot. Bahkan, Robohon ini dapat berinteraksi dengan manusia.

"Hei, ada panggilan untuk Anda," kata Robohon kepada pemiliknya, saat ada telepon masuk.

Kemudian, robot mini juga dapat merespon sang 'juragan' mengenai peristiwa yang sedang terjadi sehingga terjadi interaksi. "Ini indah, bukan," ujar seorang pengguna saat melihat matahari terbenam. "Ya, itu indah," jawab Robohon.

Sebagai empunya, Sharp memamerkan Robohon tersebut di perhelatan Ceatec electronics di Tokyo, Jepang. CEO RoboGarage, Tomotaka Takahashi, sebagai perusahaan pengembang Robohon, mengatakan robot ponsel menjadi kepraktisan yang berbeda pada umumnya.

"Smartphone kami praktis, sebagaian besar digunakan untuk bersenang-senang. Tapi kami memperlakukannya sebagai yang praktis," ungkap Takahashi.

Disayangkan, dikutip dari Engadget, belum diketahui harga dari Robohon. Bahkan, peluncurannya di pasar gawai belum ditetapkan vendor.

Namun begitu Sharp berjanji peluncuran di Jepang baru akan dilakukan secara komersil pada awal tahun depan.

Manusia Tidak akan Merasa Sakit Lagi di Masa Depan

Keterampilan Robohon bisa terlihat dari video Engadget berikut ini

Kecerdasan Buatan Atau Artificial Intelligence (AI)

Mengenal Lebih Jauh Tentang Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligence (AI)

Kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) merupakan teknologi yang semakin berkembang dengan pesat.

img_title
VIVA.co.id
16 Mei 2023