Belajar dari Pengalaman Pahit MK Soal Sengketa Pemilu

Sistem e-voting dalam Pilkada
Sumber :
  • VIVA.co.id/Moh Nadlir

VIVA.co.id - Belajar dari pengalaman pahit MK dalam menyelesaikan sengketa Pemilu, Anggota Komisi II DPR RI Azikin Solthan mengatakan bahwa Pasal 18 UUD 1945 hendaknya memang dilaksanakan dengan sistem demokrasi.

Demikian dikatakan Azikin usai Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Mendagri, KPU dan Bawaslu. Hal ini berkenaan dengan tugas konstusional dan rapat konsultasi. Dalam RDP kali ini mengenai putusan Mahkamah Konstitusi (MK) tentang pencalonan tunggal.

Azikin mengatakan bahwa pasangan tunggal ini akan menjadi celah untuk melumpuhkan sistem demokrasi. “Jika nanti terjadi kesalahan dalam pemilihan ini, bagaimana cara menggugatnya. Ini sedikit menyalahi system demokrasi system pemilihan kita,” ujar Azikin, di Senayan, Senin 12 Oktober 2015.

Lebih lanjut dijelaskan Azikin, bahwa kita sama-sama harus memikirkan soal calon tunggal ini benar-benar menegakkan sistem demokrasi.

Pimpinan DPR Nilai Sudah Cukup Bukti Jadikan Ahok Tersangka

“Jangan lagi ada mencederai sistem demokrasi kita, cukuplah masalah Pilpres kemarin menjadi cerminan bagi system demokrasi kita,” katanya.

Anggota Komisi VII DPR RI Aryo Djojohadikusumo

Komisi VII Dukung Upaya Pemerintah Perkuat Pertamina

Demi mencapai kedaulatan energi.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016