Pefindo Turunkan Peringkat Bank Muamalat Indonesia

Bank Muamalat
Sumber :
  • atestate.org
VIVA.co.id
Banyak Kontrak Mundur, Laba Adhi Karya Turun
- PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) kembali merevisi prospek utang PT Bank Muamalat Indonesia menjadi negatif pada posisi idA+. Periode peringkat 23 September 2015-1 April 2016

"Kami merevisi prospek BBMI menjadi negatif, sebelumnya pada April 2015 kami juga merevisi peringkat perusahaan menjadi idAA-," ujar analis Pefindo, Dyah Puspita Rini di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Selasa 13 Oktober 2015

Laba Bank Mayora Ditopang Naiknya Penyaluran Kredit

Dyah mengatakan, pihaknya merevisi peringkat Bank Muamalat menjadi idA+ untuk perusahaan maupun peringkat Sukuk Subordinasi Berkelanjutan I Tahap I/2012 dan Tahap II/2013.

 "Revisi prospek Bank Muamalat ini untuk mengantisipasi pelemahan lebih lanjut dari profil kualitas aset bank, karena tren pembiayaan dalam perhatian khusus yang meningkat," ujarnya.

Jika Menguntungkan, BNI Kaji Buka Cabang di Malaysia

Dyah mengungkapkan, tekanan profitabilitas Bank Muamalat yang dipengaruhi oleh pembentukan cadangan yang lebih tinggi. "Karena, ada eksposur di tambang batu bara, kami perkirakan NPF (tingkat kredit bermasalah) akan tetap tinggi, akibat perlambatan ekonomi," tuturnya.

Lebih lanjut, dia mengatakan, peringkat Bank Muamalat akan kembali diturunkan jika perusahaan tidak mampu memperbaiki profil kualitas aset, sehingga memperlemah risiko posisi keuangan.

"Pefindo bisa merevisi prospek menjadi stabil, jika BBMI mampu memperbaiki profil risiko keuangan dengan memperbaiki kualitas aset, yang didukung peningkatan profil keuangan secara menyeluruh," ujarnya. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya