Apple News Diblokir China

Apple dilanda gugatan paten Ericsson dan Smartflash.
Sumber :
  • REUTERS/Chance Chan/Files

VIVA.co.id - Aplikasi berita dan informasi Apple, Apple News, dilaporkan . Soal penyebab Apple News tak bisa diakses belum diketahui secara pasti. Sebab sejauh ini Apple belum memberikan klarifikasi secara resmi.

Dikutip Mac World, Selasa 12 Oktober 2015, pengguna Apple mengaku tidak bisa mengakses aplikasi informasi itu saat memasuki jaringan di China, sementara saat sebelum masuk ke Negeri Tembok Besar, pengguna mengaku masih bisa mengakses .

Salah satu pengusaha yang menggunakan perangkat Apple, Larry Salibra, mengungkapkan pengalamannya saat berpelesiran antara Hong Kong dan China. Salibra mengatakan Apple News bisa diakses secara normal saat ia terkoneksi dengan jaringan LTE operator China Mobile di Hong Kong. Namun saat ia terhubung dengan jaringan utama China Mobile di daratan China, Salibra mengatakan Apple News tak berfungsi.

Menariknya, kata dia, pemblokiran Apple News tersebut berbasis jaringan yang digunakan pengguna bukan berbasis alamat protokol internet (IP). Ini berarti, Apple News masih terblokir meskipun pengguna roaming dari jaringan di luar daratan China.

Selain Apple News, layanan Apple lain yang diblokir yaitu Beast1, komponen radio Apple Music. Untuk layanan ini diblokir berbasis alamat IP.

New York Times mengatakan sumber yang meminta ditulis anomim mengatakan pemblokiran itu justru dilakukan oleh Apple. Perusahaan ini memang memblokir layanan itu hanya di China, namun sumber menyebutkan Apple tak menjelaskan atau mengonfirmasi alasan pemblokiran tersebut.

Pemblokiran di Negeri Tirai Bambu itu memang bukan hal yang mengagetkan. Sebab, menurut Cnet, China menerapkan sensor atas semua informasi yang sensitif. Beberapa layanan perusahaan teknologi dunia yang sudah merasakan blokir layanan yaitu Gmail, Facebook sampai Twitter.

Akibat pemblokiran layanan tu, Google pada 2010 terpaksa memindahkan operasinya pencarian webnya ke Hong Kong.

Perusahaan lain yang merasakan pemblokiran di China yaitu Sony. Perusahaan Jepang ini merilis PlayStation 4 pada Maret lalu setelah pemerintah China mencabut larangan produk konsol game tahun lalu.

Tapi peluncuran PlayStation juga menghadapai tantangan, sebab pemerintah China melarang konten atau layanan yang mempromosikan penggunaan narkoba, kekerasan, perjudian atau konten cabul.

Apple Deletes WhatsApp from App Store in China
Logo Apple.

Apple to Allow Repair iPhone with Used Parts

Apple has announced an upcoming enhancement to existing repair processes that will enable customers and independent repair providers to utilize used Apple parts in repair

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024