Hacker Rusia Ciptakan USB 'Pembunuh'

Perangkat USB.
Sumber :
  • REUTERS
VIVA.co.id
31 WNA Pelaku Cyber Crime Dideportasi dari Indonesia
- Hati-hati menggunakan perangkat USB sembarangan. Saat ini telah beredar batangan USB yang bisa mematikan apa saja yang tercolok dengannya, mulai dari laptop sampai TV.

Diduga Terlibat Cyber Crime, Polda Metro Bekuk 31 WNA

Peretas Rusia dikabarkan telah menciptakan USB yang bisa secara langsung membakar mesin apa saja. Sekali tercolok, USB itu akan mengirimkan tegangan sebesar 220 Volts melalui garis sinyal pada antarmuka USB.
Hacker Jajakan 200 Juta Akun Pengguna Yahoo


Sang pencipta dikenal sebagai peneliti keamanan asal Rusia, diketahu bernama alias Dark Purple. Bahkan dia memposting video untuk membuktikan kecanggihan USB stik itu, dan berhasil 'membunuh' laptop miliknya sendiri.


Saat ditunjukkan dalam video itu, USB tersebut bekerja langsung tanpa menunggu. Setelah dicolokkan, layar laptop langsung mati karena sirkuit meledak. "Laptop ini akan hidup kembali, jika motherboardnya diganti dengan yang baru," ujar Dark Purple, seperti dikutip dari
Daily Mail
, Kamis, 15 Oktober 2015.


Dia memperingatkan jika setiap perangkat yang terkoneksi dengan USB Port akan beresiko mati. Namun dia tidak yakin jika hard disk di dalam laptop ikut rusak sehingga ada kemungkinan data di dalam drive masih bisa diakses.


Menurut peneliti keamanan, USB memang rentan disusupi hal yang berbahaya bagi laptop. Ini artinya, jangan pernah memasukkan komputer uSB sembarangan ke dalam komputer laptop. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya