Berharap Hidup Kembali, Otak Bayi 2 Tahun Diawetkan

Ilustrasi otak manusia.
Sumber :
  • http://yoechua.blogspot.com
VIVA.co.id
50 Tahun Lagi Manusia Bisa Bangkit Sebagai Avatar
- Seorang bayi berusia dua tahun menjadi manusia termuda yang mengalami proses pengawetan. Teknologi pengawetan ala cryogenically dimaksudkan agar bayi tersebut bisa bebas dari penyakit dan bisa hidup kembali.

Berharap Bangkit Kembali, Otak Gadis Ini Diawetkan

Otak bayi yang berasal dari Thailand itu diawetkan atas keinginan kedua orang tuanya. Hal ini dikarenakan sang orang tua sangat yakin jika akan ada obat penyembuh kanker yang akan ditemukan di masa depan. Bayi yang bernama Matheryn Naovaratpong itu ternyata mengidap dari kanker otak sebelum usianya menginjak tiga tahun.
Inilah Rahasia Jodoh, Rezeki, dan Kematian


Orang tua bayi Matheryn, atau yang biasa dipanggil bayi Einz, adalah pekerja medis. Mereka menggunakan teknologi pengawetan secara cryogenic dengan menggunakan teknologi milik Alcor Life Extension Foundation.


Otak bayi Einz diawetkan beberapa saat setelah kematiannya di rumah sakit di Bangkok. Tim ilmuwan dari Alcor langsung memulai proses yang dinamakan cryoprotection, yakni mengawetan otak Einz dalam suhu di bawah nol tanpa merusak jaringan yang memiliki skala besar di dalamnya.


"Di hari pertama Einz sakit, ide ini muncul dalam benak saya. Dilandasi keinginan saya untuk bisa melakukan yang terbaik bagi dirinya, menunggu teknologi maju di masa depan yang akan hadir dan menyelamatkannya," ujar ayah Einz, Sahatorn, dikutip melalui
BBC
, Jumat, 16 Oktober 2015.


Dikatakan Sahatorn, saat memutuskan untuk mengawetkan otak Einz, dia sempat menemukan konflik besar dalam hatinya. Ia pun membicarakan hal ini dengan anggota keluarga yang lain, sampai akhirnya keputusan itu pun final.


Semua ini hanya dilandasi pada keyakinan bahwa suatu saat, di masa depan, akan ditemukan obat kanker otak. Jika ditemukan, ilmuwan diharapkan bisa me-reanimasi otak Einz dan memungkinkannya untuk tumbuh dewasa. Orang tua Einz juga berharap di masa depan para ilmuwan bisa menciptakan tubuh manusia sebagai tubuh baru bagi otak Einz yang telah dibekukan.


"Para ilmuwan yakin 100 persen jika hal ini bisa terwujud. Hanya saja kita tidak tahu kapan. Di masa lalu, mungkin kita pikir butuh waktu 400 sampai 500 tahun. Sekarang, mungkin hanya butuh 30 tahun ke depan," kata Sahatorn.


Einz merupakan pasien Alcor ke-134 yang diawetkan. Para pasien itu diawetkan dalam bentuk yang berbeda, baik seluruh tubuh maupun hanya otak.


Pengawetan cryogenic merupakan teknologi yang menggunakan proses pembekuan dengan suhu sangat rendah, umumnya di bawah minus 150 derajat celsius. Pembekuan cryogenic biasanya dilakukan dengan menggunakan bantuan gas cair seperti helium. Dalam bidang medis, pembekuan kriogenik digunakan untuk mengawetkan vaksin sehingga tetap stabil dan bisa disimpan dalam waktu lama.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya