Mau Hemat Biaya Nikah, Lakukan Tujuh Hal Ini

Ilustrasi pernikahan
Sumber :
VIVA.co.id
Tips Sukses Bisnis Pencucian Mobil dan Motor
- Menikah merupakan salah satu momen yang paling dipersiapkan oleh dua insan dimabuk asmara yang ingin mengesahkan diri sebagai pasangan suami istri. Ini menjadi momen yang paling ingin dibagikan kebahagiaannya kepada keluarga dan rekan-rekan dekat. 

Manfaat dan Risiko Investasi Obligasi
Akan tetapi, ceritanya akan berbeda bila Anda dihadapkan pada kondisi keuangan yang belum cukup mendukung penyelenggaraan upacara perkawinan dan pesta pernikahan yang megah. 

Bangun 'Mindset' Bisnis UKM Sukses Ala Steve Jobs
Untuk mengatasi hal itu dilema antara mengadakan pesta pernikahan dan kebutuhan hidup setelah pesta. Kami menyajikan ulasan khusus untuk Anda yang ingin menyelenggarakan pernikahan dengan budget yang tak terlalu mahal, bahkan bisa memotong biaya hingga puluhan ribu dolar. 

Bagaimana caranya? Yuk kita simak tujuh cara untuk memangkas biaya pernikahan berikut ini!

1. Meminjam barang

Ini jelas menjadi moto bagi orang yang sudah sangat terbiasa untuk hidup secara hemat. Meski pernikahan merupakan momen terbaik berdua antara Anda dan pasangan, bukan berarti Anda pun bebas menghamburkan dana untuk pesta semalam suntuk. Beberapa barang yang sifatnya hanya sekali pakai sebaiknya berasal dari meminjam daripada membeli.

2. Jangan bergantung pada wedding organizer

Menyerahkan jalannya rancangan kegiatan upacara dan pesta pernikahan kepada wedding organizer mungkin sudah banyak dilakukan oleh pasangan yang akan menikah. Meskipun wedding organizer sudah Anda percayai sebagai pihak yang betul-betul mengerti seluk beluk kebutuhan pernikahan beserta risiko yang mungkin muncul, mereka hanyalah manusia biasa. 

Mereka juga pasti akan berbuat kesalahan. Bila hal ini terjadi pada Anda, tegaskan bahwa Anda memaafkan kesalahan mereka, namun nyatakan juga bahwa kekecewaan itu timbul karena momen ini merupakan peristiwa yang cukup penting bagi Anda dan pasangan.


3. Memantapkan negosiasi

Anda dan pasangan mungkin memiliki selera yang berbeda terhadap jalannya upacara dan pesta pernikahan. Namun ingatlah bahwa momen ini juga momen penting berdua bagi kalian. Bicarakan ulang untuk memastikan kebutuhan pernikahan yang penting saja. 

Prioritaskan pada khusuknya prosesi upacara pernikahan daripada larut dalam pesta yang hanya bisa Anda nikmati dalam satu malam saja.

4. Minta bantuan kepada teman

Berbagai jenis hiasan harus Anda persiapkan untuk pelengkap pesta pernikahan Anda. Kebanyakan dari masyarakat Indonesia menggunakan jalan pintas dengan membeli souvenir pernikahan yang sudah jadi dan dirasa harganya tidak terlalu mahal. 

Mari berpikir lebih jauh. Souvenir tersebut gunanya sebagai kenang-kenangan para tamu undangan. Setelah itu mereka mungkin tidak bisa memanfaatkan barang-barang itu dalam kehidupan sehari-hari mereka. 

Maka, akan lebih baik bila Anda membuat souvenir pernikahan yang unik dan bermanfaat bagi para tamu. Bisa berbentuk sapu tangan atau handuk bordir.


5. Menunggu diskon

Ini memang pernikahan Anda yang membutuhkan dana cukup besar untuk membayar semua kebutuhan pernikahan Anda. Namun akan lebih baik bila Anda tidak terlalu terburu-buru dalam menyiapkan semuanya. 

Berbelanja high heels saat musim diskon bisa jadi alternatif terbaik untuk mendapatkan barang kebutuhan pernikahan dengan harga yang miring. Ini jelas akan memberikan penghematan pengeluaran dalam menyelenggarakan rancangan acara Anda.

6. Memakai poin rewards

Ingat bahwa pernikahan Anda tidak perlu menghambur-hamburkan dana, lebih baik manfaatkan poin rewards yang didapat dari penggunaan kartu kredit untuk Anda yang sedang merencanakan pernikahan. Kalau cukup, Anda bisa menukar poin itu untuk pembelian tiket pesawat atau medapat promo tertentu. Dengan memanfaatkannya, bukannya tidak mungkin pengeluaran Anda akan jauh lebih hemat.

7. Lakukan semuanya sendiri

Beberapa hal seperti pembuatan souvenir, menghias chuppah, 
atau menata kursi dan altar bisa Anda lakukan sendiri tanpa bantuan pihak luar yang mungkin menginginkan pembayaran tambahan untuk setiap jasa yang mereka lakukan. 

Dengan melakukan beberapa pekerjaan sendiri bersama pasangan dan keluarga Anda, Anda tidak hanya akan menghemat pengeluaran namun juga membangun komunikasi dan hubungan yang lebih kuat.


Jangan gegabah menentukan pihak pembantu acara

Beberapa hal memang terlihat sulit untuk dikerjakan sendiri. Bukan hal yang buruk bila Anda menggunakan jasa vendor atau wedding organizer. Namun penghematan bisa dilakukan ketika Anda mau berusaha untuk mengerjakan bagian pekerjaan yang bisa ditangani sendiri.

Dan tidak gegabah dalam menentukan pihak luar yang akan membantu Anda, tidak malas untuk melakukan survei, dan terus mencari informasi. Jadi, menikah tidak harus mahal kan? Selamat mencoba!

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya