Sri Lanka Buka Lowongan Algojo Hukuman Mati

Sumber :
  • VIVA.co.id/Andry Arifin
VIVA.co.id
Naik Uber Saat Mabuk Ditagih Ongkos Rp23 Juta
- Pemerintah Sri Lanka mengatakan tengah membuka lowongan kerja bagi algojo yang melakukan eksekusi mati di tiang gantung. Sebab, algojo sebelumnya mengaku stress ketika melihat tiang gantung untuk kali pertama. 

Heboh Bule Nyanyikan Lagu Gombloh dengan Merdu
BBC edisi Kamis, 15 Oktober 2015 melansir saat membuka lowongan pekerjaan, pemerintah hanya menjelaskan calon pelamar hanya akan mengerjakan pekerjaan administratif yang ringan. 

Merasa Gatal, Ternyata Ada 26 Kecoa di Telinga
"Tetapi, seandainya pemerintah ingin melakukan eksekusi, kita seharusnya juga siap-siap," kata Komisioner Lembaga Pemasyarakatan, Rohana Pushpakumara. 

Saat ini, terdapat 1.116 narapidana yang divonis hukuman mati. Tetapi, dalam 40 tahun terakhir, Sri Lanka tidak lagi melakukan eksekusi mati. Bahkan, pada bulan lalu, Sri Lanka secara resmi mengakui tidak lagi melakukan hukuman mati. 

Walau begitu, mulai ada seruan kembali untuk menghidupkan eksekusi mati, khususnya usai terjadi peningkatan tajam terhadap tindak kejahatan pencabulan anak, pemerkosaan, pembunuhan dan penyalahgunaan narkoba sejak perang sipil tahun 2009. 

Pekan lalu, pemerintah menyatakan dengan jelas, mereka menentang hukuman mati. Walaupun, Presiden Sri Lanka, Sirisena, mengatakan akan mendukung pelaksanaan hukuman mati, seandainya parlemen menyetujui keputusan itu, sebab hal tersebut atas desakan publik. 

Pada praktiknya, dari 24 pelamar posisi itu, hanya 14 orang yang hadir ketika dilakukan wawancara. Salah satu pelamar mengaku geram terhadap tindak perdagangan narkoba, pembunuhan dan pemerkosaan terhadap anak-anak. 

"Jadi, saya tidak akan ragu-ragu ketika diminta untuk mengeksekusi penjahat semacam itu," kata pelamar tersebut. 

Dia bahkan menekankan, jika lapas tak memberlakukan hukuman mati, maka sang algojo akan berhenti bekerja. Sementara, pelamar yang lain mengatakan sengaja melamar pekerjaan itu karena beban kerjanya tidak berat. 

"Bahkan, seandainya mereka menginginkan saya untuk mengeksekusi seseorang, saya tetap siap. Tetapi, sepertinya kecil kemungkinan akan ada eksekusi," kata dia.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya