Ketua MPR: Bela Negara Penting

Ketua MPR RI Zulkifli Hasan
Sumber :
VIVA.co.id
Setelah ke DPR, Zaskia Gotik Belajar Pancasila di Kemenhan
- Masalah bela negara juga mendapat tanggan yang positif dari Ketua MPR RI Zulkifli Hasan. Berbicara kepada para wartawan di Solo, Zulkifli Hasan menegaskan, bela negara itu penting.

Arzetti Bilbina: Biar Masyarakat Menilai Zaskia Gotik

"Di zaman sekarang ini kebangsaan kita mulai pupus, karena itu menurut saya bela negara ini sangat penting," ujar Zulkifli Hasan seusai menyampaikan pidato kebangsaan di depan civitas akademila Universitas Muhammadiyah Surakarta, Jumat, 16 Oktober 2015.
Zaskia Gotik Jadi 'Duta Pancasila,' Kok Bisa?


Mengenai konten dan materi bela negara itu, menurut Zulkifli, harus disesuaikan dengan kondisi  kekinian. Disesuaikan dengan perkembangan masa kini. “Jadi, supaya sesuai dengan generasi twiter dan generasi facebook sekarang ini," tambah Zulkifli.


Mengenai bentuknya, kata Zulkifli, terserah, yang penting disesuaikan dengan perkembangan zaman. "Kan beda bela negara tahun dulu, terutama model dan intinya sama, tapi tata caranya  mungkin beda dengan zaman sekarang," jelas Zulkifli Hasan.


Menjawab pertanyaan apakah negara kita berada dalam kondisi terancam sehingga bela negara itu diperlukan. "Terancam sih tidak, tapi sekarang roh kebangsaan mulai luntur. Persaudaraan kebangsaan sudah saling mengkhianati. Jadi perlu wawasan kebangsaan itu," ujar Zulkifli.


MPR, menurut Zulkifli, bila negara diberlakukan bersedia bekerjasama untuk mengisi wawasan kebangsaan, Pancasila atau Empat Pilar MPR.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya