Mendag Targetkan Revitalisasi 1.000 Pasar Tradisional

Pembongkaran Ruko di Pasar Benhil
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ahmad Rizaluddin

VIVA.co.id - Revitalisasi 1.000 pasar tradisional atau pasar rakyat menjadi salah satu program yang ditugaskan Presiden Jokowi kepada Kementerian Perdagangan.

RI Tolak Kebijakan Kemasan Rokok Tanpa Merek di Australia

Menanggapi hal itu, Menteri Perdagangan (Mendag) Thomas Lembong mengklaim program tersebut sudah hampir terpenuhi.

"1.000 Pasar per tahun sudah berjalan. Kalender 2015 kami yakin akan terealisasi," kata Mendag saat sidak ke Pasar Santa, Jakarta, Jumat 16 Oktober 2015. 
Bahas Produksi Lada, Enam Negara Duduk Bareng

Jika dipresentase, Thomas yakin, 800 sampai 900 pasar akan bisa menjalani program revitalisasi. Angka yang bagus menurutnya bisa merampungkan program tersebut, meski tidak 100 persen.
Strategi Mendag Atasi Calo Daging Sapi

"Belum tentu ada kendala, realisasi bisa 85 persen akhir tahun, itu lumayan," ujar dia.  Setiap pasar akan mendapat revitalisasi pasar sebesar Rp1,2 miliar.

Dana itu akan digunakan untuk perbaikan sarana dan peningkatan sumber daya manajemen. Dana tersebut rencananya akan cair pada akhir tahun. 

Menurut Lembong, dana itu bisa saja dicairkan lebih cepat. Namun, ia mengaku tidak ingin buru-buru. Mendag ingin pasar yang direvitalisasi nantinya mempunyai kualitas agar tetap bertahan di tengah persaingan.

"Memaksakan realisasi itu tidak sulit, kalau mau dipaksakan nggak terlalu sulit tapi bagaimana kita bisa perbaiki mutu dan lebih inovatif," katanya.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya