Ingin Hidup Lebih Lama? Tinggal di 15 Negara Ini

Negara Luxemburg, usia hidup lebih lama
Sumber :
  • Business Insider
VIVA.co.id
Pemerintah Diminta Sediakan Jaminan Bagi Pekerja Informal
- Forum Ekonomi Dunia (WEF) baru-baru  ini merilis survei dari Global Competitiveness tidak hanya melihat kesehatan keuangan negara di seluruh dunia - itu juga terlihat pada kesehatan populasi.

Stimulasi Otot Elektrik, Cara Baru Dapatkan Tubuh Bugar
Dilansir dari Business Insider, Senin 19 Oktober 2015, WEF  melakukan pemeringkatan terhadap rata-rata harapan hidup.

Harga Minyak Dunia Turun, Pasar Khawatir Stok Melimpah
Semakin maju negara, semakin besar kemungkinan untuk memiliki harapan hidup lebih lama karena akses kesehatan semakin baik, sehingga kebiasaan hidup sehat juga lebih baik.

Yang menarik beberapa negara tercantum memiliki harapan hidup lebih rendah dari yang diharapkan. Di negara ini terjadi kenaikan masalah kesehatan terkait mental yang mengakibatkan bunuh diri.

WEF sudah melakukan silang peringkat terhadap data OECD pada masing-masing negara untuk mencoba dan mencari tahu mengapa orang di beberapa negara hidup begitu lama. 

1. Korea Selatan, usia 81,4 tahun

Harapan hidup di negara ini telah meningkat selama beberapa tahun terakhir karena membaiknya perekonomian kelas menengah yang lebih produktif. Namun, OECD memperingatkan polusi masih tinggi dibandingkan dengan negara-negara anggota lainnya.

2. Luksemburg, 81,4 tahun. 

Negara ini memiliki populasi kecil dibandingkan seluruh Eropa dan pendapatan per kapita yang tinggi - yang berarti akses ke pola makan yang sehat dan kesehatan yang terbaik cukup mudah.

3. Norwegia, 81,5 tahun. 

Harapan hidup di Norwegia terus meningkat selama beberapa dekade terakhir, berkat penurunan angka kematian bayi. Bangsa ini juga memiliki tingkat tinggi orang tetap aktif sampai usia tua.

4. Inggris , 81,5 tahun. 

 Inggris menjadi salah satu tingkat tertinggi obesitas di Eropa Barat. Namun,   negara dan swasta turut membantu menjaga masyarakatnya untuk dapat hidup lebih lama.

5. Swedia, 81,7 tahun. 

Hidup di negara ini dua tahun lebih lama dari rata-rata usia di semua negara OECD. OECD mencatat bahwa kualitas air yang tinggi memberikan kontribusi untuk bangsa sehat.

6. Israel , 81,7 tahun. 

Pria  Israel memiliki salah satu tingkat tertinggi harapan hidup di dunia, meskipun ada wajib militer. Namun, Badan Pusat Statistik mencatat tahun ini bahwa harapan hidup di Yerusalem dibandingkan dengan kota-kota lain lebih pendek dari rata-rata karena meningkatnya jumlah insiden kekerasan selama beberapa tahun terakhir.

7. Australia, 82,1 tahun. 

Organisasi Kesehatan Dunia mengatakan peningkatan gaya hidup sehat dan kesehatan di negara ini telah meningkatkan harapan hidup bangsa.

8. Singapura,  82,1 tahun. 

Harapan hidup di negara tersebut telah meningkat selama 30 tahun terakhir, berkat tingkat kesehatan yang tinggi. 

9. Spanyol, 82,4 tahun. 

Spanyol terkenal dengan "Diet Mediterania", dokter yang mengatakan dapat berkontribusi untuk hidup panjang dan sehat. Itu diisi dengan sayuran segar dan ikan, serta lemak sehat seperti minyak zaitun dan kacang-kacangan.

10. Prancis, 82,6 tahun. 

Prancis memiliki salah satu tingkat obesitas terendah di antara negara-negara OECD yang memberikan kontribusi terhadap harapan hidup yang tinggi bangsa.

11. Swiss, 82,7 tahun. 

Kekayaan bangsa membuat kesehatan dan diet yang baik lebih mudah tersedia. Wanita tertua yang hidup di Swiss, Rosa Rein, sangat terkenal. Ia lahir pada tahun 1897 dan meninggal pada tahun 2010.

12.  Islandia, 82,9 tahun. 

Islandia memiliki cara diet terbaik di dunia, menurut penjelasan ahli gizi. Diet ini mengurangi risiko diabetes dan penyakit jantung.

13. Italia, 82,9 tahun.

Jurnal medis The Lancet mengatakan wawarga Italia cenderung hidup lama karena sedikitnya kesenjangan kemiskinan di negeri ini. Ini berarti bahwa mayoritas penduduk semua masih mampu mendapatkan makanan sehat dan segar yang sama, yang biasanya mewah bagi masyarakat miskin.

14. Jepang, 83,1 tahun. 

Tiga tahun lalu, Jepang turun ke tempat kedua dalam peringkat akibat kenaikan jumlah kasus bunuh diri yang dilakukan penduduk perempuan. Namun, harapan hidup panjang di Jepang masih ada karena pola makan yang sehat.

15. Hong Kong, 83,5 tahun. 

Berbagai jurnal medis telah mencatat bahwa tradisi warga  Kanton menekuni seni bela diri non-agresif Tai Chi secara signifikan membantu orang  tetap aktif dan sehat sampai usia tua. Diet dengan mengonsumsj makanan yang dikukus dan minum teh juga membantu menjaga warga Kanton pada diet seimbang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya