NASA Rilis Video Spektakuler Planet Jupiter

Planet Jupiter.
  • NAS A/ JPL / Space Science Institute

VIVA.co.id - Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) merilis video spektakuler dari Planet Jupiter. Video yang diambil dari kumpulan gambar teleskop antariksa NASA, Hubble dan program Outer Planet Atmospheres Legacy (OPAL) NASA, hadir dalam kualitas video 4K. Artinya kualitas video Jupiter itu lebih detail dan lebih nyata.

Dikutip TechTimes, Senin 19 Oktober 2015, rilis video ini seakan mengobati rasa penasaran dari para peneliti NASA.

"Setiap kali kami melihat Jupiter, kami mendapatkan petunjuk yang menggoda tentang apa yang sebenarnya menarik terjadi di sana," ujar Amy Simon, ilmuwan planet Goddard Space Flight Center NASA di Maryland, AS.

Salah satu yang menarik perhatian peneliti yaitu fitur bercak merah raksasa atau Great Red Spot pada permukaan Jupiter. Bercak itu disebutkan berubah seiring waktu dan kini ukurannya menyusut menjadi 150 mil lebih kecil dibandingkan ukuran bercak pada 2014. Temuan bercak merah ini telah dipublikasikan dalam jurnal the Astrophysical Journal.

Bercak merah raksasa itu diperkirakan menyusut karena inti bercak berkembang makin cerah, dan saat ini berubah menjadi orange dari sebelumnya berwarna merah.

Untuk menghasilkan video 4K itu, peneliti NASA mengambil data dari program OPAL. Melalui program itu, peneliti merencanakan untuk mengambil gambar fitur planet tiap tahun. Fitur yang diambil di antaranya yaitu awan, angin, badai dan kimia atmosfer dari Jupiter, Saturnus, Uranus dan Neptunus. Ilmuwan berharap bisa melihat bagaimana perubahan planet raksasa tersebut sepanjang waktu.

Sementara teleskop Hubble kebagian memasok gambar struktur langka di belahan utara ekuotor Jupiter. Pada bagian ini terdiri dari fitur titik-titik dengan topan dan antitopan. Gelombang topan ini disebutkan kadang terbentuk di atmosfer bumi.

Studi menunjukkan dua peta global Jupiter yang diambil dari gambar Hubble. Dua peta tersebut mewakili rotasi Jupiter.

Salah satu penulis studi, Michael H. Wong, mengatakan ada yang menarik dari program OPAL. Dia menjelaskan kumpulan peta masa depan Jupiter itu akan membantu peneliti memahami atmosfer planet-planet raksasa dan kemungkinan bagaimana perbedaan atmosfer di berbagai planet lain.

Ke depan NASA juga berencama untuk merilis saluran TV 4K yang disiarkan dari video OPAL. Saluran ini dijadwalkan akan diluncurkan pada 2016.

Untuk melihat video dalam format 4K, pada pengaturan di YouTube, pengguna harus memilih kualitas video dengan 2160p.

Tips Mudah Lihat Lima Planet Sekaligus Malam Ini