Menlu Retno: Pengusaha RI Cuma Mau Investasi di Negara Maju

Pemerintah Indonesia Lakukan Operasi Gabungan Multinegara untuk Tangani Asap
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar
VIVA.co.id
Bank Mandiri Jadi Penyalur Investasi Asing ke Daerah
- Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, menceritakan pengalamannya ketika melakukan kunjungan bilateral ke Iran, Qatar, dan Arab Saudi. Para pengusaha di negara-negara tersebut, mempertanyakan kiprah pelaku usaha RI di negara kawasan Timur Tengah. 

BKPM Gandeng Bank Mandiri untuk Tampung Dana Investor
"Ketika kami datang ke Iran, Qatar, dan Saudi Arabia, mereka bertanya, 'Mana pelaku swasta Indonesia'?" kata Retno di depan para pengusaha dalam acara Rapat Kerja Nasional Kadin Bidang Perdagangan dan Hubungan Internasional di Jakarta, Senin 19 Oktober 2015.

Aliran Dana Asing ke RI Tembus Rp130 Triliun
Dia menyampaikan, para pelaku bisnis di negara-negara Timur Tengah menganggap bahwa pengusaha Indonesia hanya mau berinvestasi di negara-negara yang maju dan bersih, ketimbang negara yang sedang berkembang. Hal tersebut sangatlah disayangkan. 

"Negara seperti China masuk duluan ke Afrika. Kita dapat sisa," kata Retno.

Untuk mengejar ketertinggalan tersebut, menurutnya, pemerintah siap untuk memfasilitasi sektor swasta yang ingin berekspansi ke negara berkembang, khususnya Timur Tengah.

"Kami siap untuk memfasilitasi ekspansi ekonomi kita ke emerging market, (misalnya), ke Afrika, ke Timur Tengah, dan kawasan yang selama ini belum menjadi traditional partner of Indonesia," kata dia. (asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya