Setahun Pemerintahan Jokowi, Ini Penilaian Pelaku Pasar

Para menteri baru hasil reshuffle kabinet Jokowi
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma
VIVA.co.id
Rupiah Melemah, Tertekan Gejolak Ekonomi Global
- Satu tahun kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendapat penilaian dari masyarakat, khususnya para pelaku pasar. Mereka menilai, para menteri Kabinet Kerja, khususnya bidang ekonomi, belum bekerja secara maksimal dalam mendorong perekonomian dalam negeri.

IHSG Diproyeksi Naik, Ini Pendorongnya

Pengamat ekonomi Purbaya Yudhi Sadewa mengatakan, kesan yang didapat dari para pelaku pasar adalah kinerja para menteri kabinet Jokowi belum maksimal.
Lebih Oke Mana, Ekonomi RI atau Brasil?


"Presiden bagaikan kuda yang menarik kereta di belakang, harusnya itu Presiden memecut menterinya untuk jalan," ujar Purbaya saat ditemui di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Senin, 19 Oktober 2015.


Purbaya berharap agar para menteri lebih cepat melaksanakan apa yang diperintahkan Presiden agar roda pemerintahan berjalan secara seimbang yang akhirnya menciptakan pertumbuhan ekonomi.


‎"Menteri-menteri ekonomi perlu dipecut agar lebih cepat. Sebagai contoh, proyek listrik 35 ribu megawatt masih
enggak
jelas, jalan apa
enggak
, ini perlu diskusi masalahnya di mana," ucapnya.


Dia mengatakan, pelaku pasar seakan menginginkan adanya perombakan kabinet kembali, khususnya menteri-menteri ekonomi. Sebab, jika ke depan diisi oleh orang yang lebih berkapasitas, akan membawa sentimen positif lebih banyak lagi ke pasar.


"Yang sekarang sudah cukup baik, mungkin ke depannya perlu jelas dalam menjelaskan (program) ke pasar. Kalau memberikan penjelasan jangan simpang siur, misalnya soal pajak dan lainnya," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya