Mengintip Persiapan Festival 'Jazz @Kota Tua'

Dwiki Darmawan
Sumber :
  • dokumen pribadi

VIVA.co.id - Anda penyuka musik jazz? Jika memiliki waktu kosong, mampirlah pada acara musik tahunan festival Jazz @Kota Tua yang akan digelar pada 24 Oktober 2015 di Museum Sejarah Kota Tua Jakarta.

Acara itu akan digelar mulai pukul 10.00 hingga pukul 24.00 WIB. Penggagas acara, yakni komposer musik Dwiki Dharmawan, mengatakan, kegiatan ini dirancang dengan tujuan untuk lebih meningkatkan kepedulian masyarakat dalam mencintai museum dan juga kawasan Kota Tua Jakarta, sebagai bagian dari warisan dan sejarah bangsa.

“Festival ini diselenggarakan juga untuk merayakan jazz di museum, sekaligus menggambarkan bahwa museum bukan hanya sebagai tempat menyimpan dan memamerkan benda-benda bersejarah, tetapi juga dapat menjadi tempat pertunjukan musik yang berkualitas,” ujar Dwiki Dharmawan.

Festival Jazz @Kota Tua Jakarta juga menjadi salah satu bentuk representasi dari bertumbuhnya regenerasi musik, munculnya generasi baru kaum muda yang bermain jazz selayaknya didorong dan diberi kesempatan untuk tampil di hadapan publik.

"Mereka bisa berani tampil dan menghibur penggemar musik jazz," ucapnya.

Festival Jazz @Kota Tua Jakarta 2015 akan mempersembahkan perpaduan  multikultural yang kental melalui penampilan musisi mancanegara dan musisi dalam negeri dengan mengusung tema “Musik untuk Perdamaian”.
 
Para musisi luar negeri yang sudah dipastikan hadir antara lain Gilad Atzmon (Inggris Raya), Kamal Musallam (Palestina) yang akan berkolaborasi dengan Dwiki Dharmawan, dalam grup World Peace Trio. Selain itu, akan tampil gitaris dan komposer dari Inggris Raya Mark Wingfield yang akan berkolaborasi juga dengan Ligro Trio.

Jazz Dwiki Dharmawan cs Sukses 'Sihir' Publik Belanda

Sementara itu, dari dalam negeri telah tercatat nama-nama yang tampil seperti Tohpati, Riza Arshad, I know You Well Miss Clara (Yogya), Ivan Nestorman, Idang Rasjidi yang akan mengusung Idang Rasjidi “Plays Jazz”, Tesla Manaf, Iga Mawarni, 4 Senar, Lana Nitibaskara, Rieka Roslan, Ermy Kullit, dan lain-lain. Para penampil tersebut akan unjuk kebolehan pada dua panggung outdoor dan satu panggung indoor.

Penyelenggaraan festival Jazz @Kota Tua Jakarta atas inisiasi dan mendapat dukungan penuh dari Unit Kerja Permuseuman Sejarah Jakarta.

Ita Purnamasari

Ita Purnamasari Kembali Luncurkan Album Terbaik

15 lagu miliknya diaransemen ulang.

img_title
VIVA.co.id
8 Agustus 2016