Subsidi Program Biodiesel, Celengan Sawit Siapkan Rp8 T

Pekerja menurunkan tandan buah segar kelapa sawit dari perahu
Sumber :
  • Antara/Wahyu Putro A
VIVA.co.id
Sering Gonta-ganti Bensin, Bahaya Tidak?
- Pemerintah melalui Badan Pengelola Dana Perkebunan (BPDP) Sawit, menyiapkan Rp8 triliun dari pungutan minyak sawit mentah (Crude Palm Oil/CPO) atau CPO Supporting Fund (CSF) alias dana 'celengan' sawit. Dana tersebut sebagai subsidi dari program biodiesel 20 persen (B20).

Ada Moratorium, Investasi Sawit Tetap Berjalan Baik
Direktur Utama BPDP Sawit Bayu Krisnamurthi mengatakan, program biodiesel mulai digalakkan kembali sejak bulan Agustus lalu. Saat ini, biodiesel yang beredar baru mengandung BBN 15 persen. Untuk selisih kemahalan harga BBN, BPDP akan membayarkan selisih tersebut ke PT Pertamina (Persero) sebagai penyalur.

Harga Resmi Pertamax Turbo, BBM dengan RON 98
Untuk tahun 2016 saat pemberlakukan program B20, BPDP mengalokasikan dana Rp8 triliun sebagai subsidi bila terjadi selisih harga BBN dan BBM. Alokasi itu sudah termasuk untuk program B30 yang dialokasikan kepada pembangkit listrik milik PT Perusahaan Listrik Negara (Persero).

"Tahun depan kita alokasikan Rp8 triliun untuk B20 dan B30. Sisanya Rp1,5 triliun untuk program replanting dan biaya pendidikan," kata dia, dilansir dari laman BUMN, Selasa 20 Oktober 2015. 

Untuk merealisasikan program dari B15 ke B20, pemerintah melakukan ujicoba kendaraan yang menggunakan bahan bakar B20 untuk roadshow to Sumatera dengan jarak 5.000 km.

Untuk ujicoba, Kementerian ESDM mengirimkan tujuh kendaraan berbagai jenis menempuh perjalanan Jakarta-Medan-Jakarta. Mobil diperkirakan kembali ke Jakarta pada 2 November 2015 nanti.

"Kita harapkan 2 November kembali dan mudah-mudahan lancar, enggak ada gangguan sesuai jadwal. Memang kita akan implementasikan B20 pada 1 Januari 2016," kata Direktur Bioenergi EBTKE, Tisnaldi.

Pada ujicoba kali ini, mobil tersebut membawa cadangan BBM solar murni 700 liter dan 3.500 liter biodiesel (B20). Saat tiba kembali di Jakarta, ESDM akan melakukan evaluasi terkait kehandalan mesin hingga total konsumsi yang dihabiskan selama B20 roadshow to Sumatera.

Program roadshow ini sejalan dengan rencana pemerintah untuk implementasi B20 di SPBU seluruh Indonesia mulai awal 2016.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya