Jokowi Minta Mendag Kejar Pasar Non Tradisional

Presiden Jokowi
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf
VIVA.co.id
RI Tolak Kebijakan Kemasan Rokok Tanpa Merek di Australia
- Presiden Joko Widodo meminta Menteri Perdagangan Thomas Trikasih Lembong, untuk mencari pasar lain dari produk ekspor Indonesia. Selama ini, pasar yang disasar baru di pasar tradisional.

Presiden Jokowi Santai UU Amnesty Digugat
"Memang, saya sudah tugaskan ke menteri perdagangan, dubes, untuk pasar-pasar nontradisional itu yang harus dikejar. Jangan hanya pasar-pasar lama yang pasar tradisional terus yang kita tuju," kata Jokowi, saat membuka 'Trade Expo Indonesia 2015' di Jakarta International Expo Kemayoran, Jakarta, Rabu 21 Oktober 2015.

Kementerian ESDM Perpanjang Izin Ekspor Freeport?
Menurut Jokowi, Indonesia harus mencari pasar ekspor yang baru. Juga, tidak harus melihat, apakah potensi pasar itu dari negara besar atau kecil.

"Karena memang, pasar di negara-negara sekecil apa pun itu potensinya ada. Dan, sekali lagi produk kita ini macam-macam. Sehingga, itu menjadi sebuah potensi yang harus didorong," kata Presiden. 

Namun, secara umum, dengan pelambatan ekonomi global diakui Jokowi, turut berpengaruh pada pasar-pasar tujuan ekspor produk-produk Indonesia.

"Yang paling penting, bagaimana surplus neraca perdagangan kita masih bisa kita pertahankan. Itu yang paling penting. Data terakhir kita kemarin, surplusnya masih dan ekspornya dari bulan sebelumnya juga merangkak naik. Saya kira itu sangat bagus," jelasnya. (asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya