Mendag Kejar Peningkatan Ekspor ke Pasar Non Tradisional

Kepala BKPM, Thomas T. Lembong.
Sumber :

VIVA.co.id - Presiden Joko Widodo memerintahkan Menteri Perdagangan Thomas Trikasih Lembong, untuk meningkatkan ekspor ke pasar-pasar non tradisional. Thomas pun punya cara untuk memenuhi permintaan Jokowi.

"Yang ingin kami lakukan itu lebih banyak perhatian, promosi, layanan ke negara non tradisional," kata dia dalam konferensi pers 'Trade Expo Indonesia 2015' di Jakarta International Expo Kemayoran, Jakarta, Rabu 21 Oktober 2015.

Thomas mengklaim, sudah terjadi peningkatan ekspor Indonesia ke negara-negara non tradisional, seperti Bangladesh, India, dan Nigeria.

Kementerian ESDM Perpanjang Izin Ekspor Freeport?

"Pertumbuhan ekspornya cukup pesat, meskipun tidak sebesar seperti Tiongkok dan Amerika," kata dia.

Presiden Joko Widodo meminta Thomas untuk mengejar negara-negara pasar non tradisional sebagai tujuan ekspor produk Indonesia.

"Saya memang sudah menugaskan kepada menteri perdagangan dan duta besar untuk mengejar pasar-pasar yang non tradisional," kata dia di tempat yang sama.

Jokowi meminta, agar ekspor tak hanya dipusatkan kepada negara tradisional. Manurutnya, negara-negara non tradisional mempunyai potensi pasar untuk memperluas pasar ekspor Indonesia,.

"Pasar di negara-negara sekecil apa pun ada potensinya. Sekali lagi, produk kita ini bermacam-macam, sehingga itu menjadi sebuah potensi yang harus didorong," kata dia. (asp)

Bahas Produksi Lada, Enam Negara Duduk Bareng
petani tembakau

RI Tolak Kebijakan Kemasan Rokok Tanpa Merek di Australia

Hal tersebut melemahkan daya saing industri nasional.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016