Komisi X: Wisata Leluhur untuk Tingkatkan Nasionalisme

Vena Melinda
Sumber :
  • VIVAnews/Beno Junianto
VIVA.co.id
Bahasa Jadi penghambat Pariwisata di Indonesia
- Anggota Komisi X DPR RI Venna Melinda dalam Raker bersama Kementerian Pariwisata mengatakan bahwa wisata leluhur perlu di explore. Ia melihat angka wisatawan nusantara dari Januari-Juli 2015 ada 129 juta, di mana target pada 2015 akan ada 255 juta perjalanan.

Jumlah Turis ke Maumere Selalu Naik Sejak 2012

Venna menilai hal tersebut potensi yang luar biasa.   Berbicara wisata leluhur, lanjutnya, pasti target marketnya adalah wisatawan nusantara.
Indonesia Belum Optimal Tarik Minat Wisatawan ASEAN


“Kalau kita tahu dari 34 provinsi kita hitung aja setiap provinsi pasti punya keunggulan wisata leluhur disamping wisata alam,” ujar Venna Melinda, di Senayan, Rabu 21 Oktober 2015.       


“Kita harus benar-benar memikirkan bagaimana wisata leluhur ini bisa kita explore, bisa kita promosikan. Banyak orang tidak tahu di Flores ada kampung yang namanya Desa Wologai, Kecamatan Detusuko Kabupaten Ende, benar-benar luar biasa karena di sana ada rumah adat yang umurnya sudah ratusan tahun dan itu rumah ada suatu nilai sejarahnya, ini yang harus kita tingkatkan,” ucap politisi Fraksi Demokrat ini.  


Menurutnya, pesono wisata Indonesia tidak mengangkat wisata leluhurnya, hanya keindahan alam saja. “Saya rasa keindahan alam semua orang sudah tahu, tapi leluhur untuk meningkatkan rasa nasionalisme bagi anak muda kita saya rasa penting, agar anak muda tahu siapa leluhurnya,” katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya