Ini Kata Kadin Soal Kinerja Satu Tahun Jokowi

Presiden Joko Widodo
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf
VIVA.co.id
Jokowi Sibuk, Paket Kebijakan XIII Keluar Pekan Depan
- Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia mengapresiasi kinerja satu tahun pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla, karena dianggap telah memberikan dampak positif terhadap dunia usaha.

Banyak Pengusaha di Daerah Tak Tahu Paket Kebijakan Jokowi
Ketua Umum Kadin, Suryo Bambang Sulisto, mengatakan paket kebijakan ekonomi yang diluncurkan pemerintah telah memberikan angin segar kepada para pengusaha. Menurut dia, insentif yang terangkum dalam paket kebijakan ekonomi sudah tepat sasaran.

Alasan Pengusaha RI Belum Tertarik Sponsori Rio Haryanto
"Paket kebijakan yang dikeluarkan sudah cukup menyentuh permasalahan yang dihadapi dunia usaha. Sekaligus menjawab aspirasi dari kami," ujar Suryo, saat ditemui di Menara Kadin, Jakarta, Rabu, 21 Oktober 2015.

Permintaan pengusaha sebelumnya, kata Suryo, di antaranya adalah mengenai rantai regulasi yang selama ini dianggap menyulitkan bagi dunia usaha dan penurunan harga bahan bakar minyak (BBM) untuk menggenjot daya beli masyarakat.

Dengan perekonomian dalam negeri yang sampai saat ini tidak menentu, Suryo menegaskan, bahwa kondisi ini tidak sepenuhnya kesalahan yang ada di tubuh internal pemerintahan Jokowi. Melainkan, karena adanya faktor eksternal.

"Pak Jokowi jadi Presiden saat ekonomi dunia melemah. Harga komoditas turun, dolar Amerika Serikat menguat juga. Jadi, memang kondisinya berat. Kalau mengharapkan maksimal, saya kira tidak tepat," kata dia.

Karena itu, dia meminta kepada pemerintah untuk tetap merancang langkah-langkah strategis dalam menerapkan setiap kebijakan, untuk mengembalikan perekonomian nasional sesuai kepada fundamentalnya.

"Yang penting, langkah jangka menengah ini perlu ditetapkan. Kami harapkan implementasinya dan kemudian dilihat," ujarnya.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya