7 Biaya Pernikahan Tak Terduga yang Biasanya Dilupakan

Ilustrasi pernikahan
Sumber :

VIVA.co.id - Pernikahan memang sebuah momen yang akan dijalani sebagian besar manusia dalam hidupnya. Saat akan menikah, Anda dan pasangan pasti akan melakukan berbagai persiapan dan perencanaan, agar penyelenggaraan resepsi pernikahan bisa berjalan dengan lancar, aman, dan sukses.

Tips Sukses Bisnis Pencucian Mobil dan Motor

Untuk membuat perencanaan berjalan dengan baik, tentunya membutuhkan dukungan, atau sokongan dana yang baik. Penyediaan dana, atau anggaran memang akan selalu menjadi krusial bagi setiap pasangan pengantin yang akan melangsungkan resepsi pernikahannya.

Dalam memutuskan pos-pos biaya dalam biaya pernikahan, tak jarang masih banyak calon pasangan yang seringkali melewatkan, atau melupakan biaya-biaya yang semestinya diperhitungkan.
Manfaat dan Risiko Investasi Obligasi

Mungkin bisa saja hal ini terjadi, karena calon pasangan pengantin ini tidak memiliki banyak referensi dan sumber informasi dari orang yang ahli terkait biaya perencanaan pernikahan.
Bangun 'Mindset' Bisnis UKM Sukses Ala Steve Jobs

Jika Anda adalah salah satu orang yang masih kebingungan menentukan pos-pos biaya pernikahan, ada baiknya Anda membaca ulasan ini.

Di bawah ini akan disajikan dan dijelaskan beberapa biaya pernikahan yang biasa tak diduga dan kemudian terlupakan oleh penyelenggaranya.

1. Biaya pre-wedding

Memang seringkali tidak semua pengantin selalu serius memikirkan persiapan terkait pre-wedding. Inilah yang membuat banyak pasangan pengantin merasa ada dana yang menghilang, setelah resepsi pernikahan selesai dilakukan. Maka dari itu, seharusnya tidak mengganggap enteng biaya pre-wedding ini. Harus menuliskan dan mengganggarkan dana untuk kebutuhan yang satu ini.

2. Biaya undangan dan souvenir

Karena dianggap terlalu murah, seringkali biaya yang satu ini luput dari perhatian penyelenggara resepsi pernikahan. Padahal, biaya ini sangat penting untuk mendatangkan para tamu ke tempat Anda dan membuat para undangan senang dengan adanya cinderamata dari resepsi pernikahan.

Bila membuat konsep undangan dan souvenir yang sangat sederhana tetap wajib mencatat dan menulisnya. Masukkan dalam daftar anggaran untuk biaya resepsi pernikahan, agar Anda tak melupakannya saat melakukan persiapannya.

3. Biaya jamuan tamu

Setiap tamu yang datang, memang harus dijamu sebaik-baiknya. Biaya jamuan tamu ini bukan hanya terkait makan dan minuman yang ada, namun juga harus 
membuat nyaman para tamu di dalam ruangan dengan adanya lagu-lagu dan biaya pendingin ruangan.

Kebanyakan para penyelenggara resepsi pernikahan ini hanya berfokus pada biaya makanan dan mimuman. Padahal, lebih dari itu para tamu undangan membutuhkan juga suasana yang nyaman dan tenang untuk bisa menghadiri resepsi.


 
4. Biaya busana pengantin

Dalam setiap penyelenggaraan resepsi pernikahan, busana pengantin memang akan selalu menjadi kebutuhan. Sayangnya, banyak pihak pengantin yang tidak terlalu memperhatikan biaya ini.

Karena hanya menyewa, mereka mengira bahwa biaya ini tidak terlalu penting dan akhirnya terlupakan. Meskipun hanya sekadar menyewa yang mungkin 
tidak seberapa, Anda harus menuliskan dan mencantumkannya dalam kalkulasi yang ada.



5. Biaya vendor

Kebanyakan meraka yang melupakan biaya ini adalah mereka yang hanya menyewa salah satu, atau beberapa vendor saja. Karena menurut mereka tidak terlalu berpengaruh, maka mereka tidak akhirnya tidak menuliskan dan bahkan melupakannya.

Biaya vendor, seperti biaya fotografi dan biaya videografi bisa jadi seringkali dilupakan oleh para pasangan pengantin ini. Padahal, jika Anda cermat dan teliti maka akan menemukan biaya yang hilang.



6. Biaya sound dan dekorasi

Sound dan dekorasi memang penting untuk kepentingan pernikahan. Namun, sayangnya banyak pasangan yang tidak terlalu memperhatikan dengan seksama biaya yang satu ini.

Alasan mereka adalah mereka menganggap bahwa biaya ini terlalu remeh-temeh untuk dialokasikan dalam biaya besar pernikahannya. Tetapi, hal ini bukan berarti 
melupakan biaya ini. Anda harus tetap menuliskannya dalam daftar bujet anggaran pernikahan.


7. Biaya post-weddings

Terakhir, biaya yang seringkali terlupakan dan tidak terduga oleh para penyelenggara resepsi pernikahan adalah biaya post-weddings. Setelah penyelenggaraan pernikahan selesai dilaksanakan, bukan berarti bebas dari biaya.

Anda juga harus mengeluarkan biaya usai pernikahan ini dengan beberapa poin, atau item pernikahan seperti biaya kebersihan, biaya perawatan, serta juga biaya-biaya tak seberapa, seperti biaya juru parkir dan mungkin juga biaya pengembalian barang. 

Jangan Sampai Ada Biaya yang Terlewat

Inilah beberapa biaya yang seringkali dilupakan oleh seseorang dalam melaksanakan resepsi pernikahan. Dengan mengetahui hal ini mudah-mudahan Anda bisa terbantu untuk mengingat-ingat apa saja yang belum, atau bisa jadi terlewatkan dalam rancangan anggaran pernikahan yang sedang Anda susun atau sedang Anda tulis. Jadi, siapkan pernikahan sebaik mungkin ya!

(asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya