Menunggu Kebijakan ECB, Bursa Asia Mayoritas Dibuka Naik

Bursa saham Tokyo
Sumber :
  • REUTERS/Yuya Shino
VIVA.co.id
Bursa Asia Pasifik Tertekan Dinamika Pilpres AS
- Bursa Asia mayoritas dibuka naik pada perdagangan akhir pekan ini, Jumat, 23 Oktober 2015. Penguatan bursa Asia ini disebabkan oleh ekspektasi pasar terhadap stimulus baru dari Bank Sentral Eropa (ECB). 

Mengekor Wallstreet, Bursa Asia Dibuka Melemah
Dilansir CNBC, indeks Jepang, Nikkei 225, naik lebih dari satu persen di 18.825 poin. Itu merupakan level tertinggi sejak 31 Agustus 2015. Sementara nilai tukar yen melemah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) di 120,9 yen. 

Saham di Bursa-bursa Asia Rabu ini Dibuka Melemah
Saham blue-chip seperti Toyota Motor dan Toshiba melonjak masing-masing lebih dari dua persen. Saham Mitsubishi UFJ Financial Group dan Sumitomo Mitsui Financial Group naik hampir tiga persen.

Indeks Korea Selatan juga naik lebih dari satu persen pada perdagangan pagi ini. Sentimen positif di pasar Korsel terjadi setelah data pertumbuhan ekonomi Korsel naik 1,2 persen pada kuartal III, melampaui ekspektasi pasar.  

Presiden ECB Mario Draghi memberikan sinyal bahwa pihaknya bersiap membuat paket stimulus lebih besar untuk menghadapi perlambatan pertumbuhan ekonomi di zona euro. 

Menyusul kabar tersebut bursa Eropa STOXX 600 naik dua persen, dengan semua sektor ditutup dalam teritori positif pada perdagangan Kamis. Bursa Wall Street juga ikut melonjak dua persen pada perdagangan Kamis malam. (ase) 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya