Rupiah Menguat Hari Ini di Level Rp13.491

Ilustrasi mata uang.
Sumber :
  • ANTARA/Rivan Awal Lingga
VIVA.co.id
Rupiah Melemah, Tertekan Gejolak Ekonomi Global
- Nilai tukar rupiah berhasil berbalik menguat kembali terhadap dolar Amerika Serikat pada perdagangan akhir pekan ini, Jumat 23 Oktober 2015. 

Sikap Pasar Modal dan Rupiah Soal Aksi Damai 4 November
Meski mata uang dolar AS menguat terhadap mata uang utama dunia lainnya, rupiah berhasil menguat, setelah pemerintah mengumumkan paket kebijakan ekonomi jilid V kemarin. 

Dolar Masih Lemah, Rupiah Melaju di Jalur Hijau
Berdasarkan Foreign Exchange Reference Rate Jakarta Interbank Spot Dollar Rate Bank Indonesia kurs rupiah terhadap dolar AS ada di posisi Rp13.491, menguat Rp149 dibanding kurs kemarin Rp13.640. 

Di sejumlah perbankan nasional, kurs jual dolar AS berada di sekitar Rp13.500. Dikutip dari situs PT Bank Central Asia Tbk (BCA), kurs dolar AS dijual di Rp13.515 dan kurs beli di Rp13.495. 

Sedangkan di PT Bank Mandiri Tbk, dikutip dari situsnya, kurs jual dolar AS dipatok Rp13.570 dan kurs beli di Rp13.470. Di PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI), dolar AS dijual di Rp13.635 dan kurs beli di Rp13.415. 

Analis NH Korindo Securities Indonesia Reza Priyambada menyampaikan, berbalik positifnya laju rupiah tersebut dapat menjadi momentum rupiah untuk berada di zona hijau, meski penguatan itu belum dapat dipastikan akan bertahan dalam jangka menengah atau jangka panjang.

Menurutnya, sentimen penguatan rupiah berasal dari ekspektasi paket kebijakan ekonomi jilid V. 

"Kami belum dapat memastikan akan terjadinya suatu tren penguatan untuk jangka menengah-panjang," ujarnya di Jakarta, Jumat.

Sementara itu, mata uang dolar AS menguat terhadap mata uang utama dunia lainnya. 

Dilansir reuters, dolar As naik 0,2 persen terhadap mata uang Jepang di 120,92 yen. Sedangkan mata uang euro turun 0,3 persen di US$1,1. (asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya