Lima Cara Menghindari Teman Kerja yang Suka Utang

Ilustrasi menghindari teman yang selalu berpikir negatif.
Sumber :
  • Halomoney
VIVA.co.id
Lima Aktivitas yang Bikin Gampang Boros
- Tidak semua orang bisa mengelola uang dengan baik. Jangan heran, ketika mereka memerlukan uang, barulah mereka kalang kabut dan cari pinjaman sana sini. 

Kiat Penting Sebelum Ajukan Kredit Elektronik
Salah satu alternatif tempat peminjaman uang adalah pada teman, karena prosesnya lebih cepat, tidak perlu membayar bunga, atau melengkapi persyaratan rumit sebagaimana pinjaman ke bank, atau lembaga keuangan lainnya. 

Cara Hemat Atur Keuangan untuk Anak Kos
Anda pasti akan membantu teman yang membutuhkan uang, jika dia meminjam sekali dua kali. Tetapi, bagaimana kalau sering?  Ini baru akan jadi masalah. Apalagi, kalau proses pembayarannya lama dan sang teman sering pura-pura lupa kalau tidak ditagih. 

Berikut ini, ada lima cara untuk menghindari teman kantor yang doyan berutang:

1. Jangan bicarakan soal uang

Kalau Anda sedang berada di dekat teman kantor Anda yang gemar berutang, hindari pembicaraan soal uang. Apalagi, kalau dia sudah mengajak curhat soal masalah uang, itu tanda-tanda dia akan meminjam uang. 

Alihkan pembicaraan ke topik lain, atau menghindarlah dengan mengaku sedang sibukm atau ada keperluan penting, sehingga tidak sempat ngobrol.

2. Menggelak

Jika teman Anda mengajukan pinjaman untuk kesekian kalinya dan Anda sudah kapok meminjamkan uang, bilang saja Anda tak memiliki uang untuk dipinjamkan, karena harus membayar kebutuhan rumah, atau anak-anak. 

Jangan sesekali mengatakan, kalau Anda tidak punya uang karena harus membeli pakaian, tas atau gadget karena akan dianggap banyak uang, dan dia akan tetap mengincar untuk berutang. 

Menggelak akan jadi solusi yang efektif. Memang sih alasan yang Anda utarakan sedikit berbohong, tetapi ini cuma jalan satu-satunya agar Anda terbebas dari kejarannya meminjam uang. 




3. Gantian utang

Cara ini bisa Anda coba, kalau ada teman yang suka utang, tiba-tiba mengajukan pinjaman.

Anda bisa mengatakan ke dia, "Aku sebenarnya juga mau pinjam uang ke kamu, lho...."

Dia mungkin tidak akan menduga Anda akan mengatakan hal itu. Tetapi, cara ini cukup ampuh untuk membuat si pengutang mundur, karena tidak mungkin memaksa Anda yang sama-sama tak punya uang, bukan?

4. Tegas

Jika Anda sudah kesal dengan teman yang sering utang dan terus-terusan mengulangi perbuatannya, Anda bisa tegas untuk menolaknya, jika dia datang dengan muka memelas dan seribu alasan yang membuat Anda bakal iba. 

Tegaslah padanya dan katakan pada teman itu bahwa Anda sudah kapok meminjamkan uang kepadanya. 

Dengan begitu, dia akan jera dan tidak akan lagi menjadikan Anda target kreditur, atau bahkan mencoretnya dari daftar "pemberi pinjaman baik hati" kalau dia membutuhkan uang.


5. Menjauh

Solusi terakhir yang lumayan ekstrem adalah mencoretnya dari daftar teman. Bukan solusi yang baik memang, tetapi lebih baik menjauhi orang yang menjadi parasit dan tidak pernah menyadari perbuatannya meski sudah diberitahu. 

Anda bisa menghindar darinya dengan tidak pernah makan siang, atau pulang bersama. Usahakan selalu sibuk, saat dia mendekat dan kalau dia masih nekat, katakan Anda harus menyelesaikan pekerjaan.  

Kehilangan teman memang menyedihkan. Tetapi, kalau teman itu hanya membuat kondisi keuangan bermasalah, kenapa tidak?

Kalau Anda masih membutuhkan modal untuk usaha, manfaatkan fasilitas kredit tanpa agunan (KTA) dari berbagai bank penyedia, bandingkan beberapa produk KTA bersama HaloMoney sekarang!

Suka artikel ini? Baca ratusan artikel finansial menarik lainnya klik di sini!

(asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya