Tanam Singkong, Investor China Cari-cari Lahan di Lampung

pertanian china
Sumber :
  • REUTERS
VIVA.co.id
Indonesia Terancam Krisis Petani
- Selain telah memastikan bekerja sama untuk membangun proyek
High Speed Railway
Indonesia Peringkat Pertama Statistik Pertanian ASEAN
(HSR), China juga menyatakan meminatnya untuk berinvestasi di sektor pertanian. Komoditas yang dibidik adalah singkong. 

Jokowi Buat Proyek Keroyokan di Brebes
Direktur Jenderal Tanaman Pangan Kementerian Pertanian, Hasil Sembiring, Jumat 23 Oktober 2015, saat ini, detail kerja sama yang akan dilakukan dengan China tersebut sedang digodok. 

"Mereka (China) tertarik untuk mengembangkan singkong di sini (Indonesia)," ujar Hasil di kantornya, di Jakarta Selatan.

Dia mengatakan, niatan tersebut telah dibicarakan oleh kedua belah pihak saat sekitar 10 delegasi perwakilan dari China, yang terdiri dari anggota DPR dan dunia usaha negara tersebut menemuinya bersama Sekretaris Jenderal Kementan Hari Priyono siang tadi.

Dia menambahkan, nantinya negeri Tirai Bambu akan berinvestasi berinvestasi dari hulu sampai hilir, mulai penanaman singkong hingga  pabrik pengolahannya. 

Namun, sayangnya ia masih belum bisa menjelaskan secara rinci berapa nilai investasinya lantaran hal ini masih dibicarakan. "Timnya (China) lagi turun, sedang dibicarakan," kata Hasil.

Menurutnya, tim dari China saat ini sedang melakukan survei di daerah Lampung dan Kubu Raya, untuk menentukan lokasi penanaman singkong.

Alasan pemilihan daerah tersebut, karena tanahnya cocok ditanami ubi kayu. Sedangkan Kubu Raya, masih memiliki lahan yang luas untuk menanam singkong.

"Kalau ubi kayu, praktis lahannya yang luas. Kalau sawah untuk dibuat ubi kayu kan rugi, tetep nilai ekonomis padi lebih bagus dari ubi kayu," ujarnya. (asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya