Kabut Asap Meluas, Ketua DPR Minta Dewan Turun ke Dapil

Ketua DPR Setya Novanto.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

VIVA.co.id - Ketua DPR RI Setya Novanto meminta, anggota dewan yang berasal dari sejumlah daerah yang terdampak kabut asap turun ke daerah pemilihan. Hal itu dilakukan guna melihat keadaan di daerah masing-masing. Mengingat, titik api yang tak kunjung padang, sehingga kabut asap semakin meluas.

Indonesia Targetkan 2 Juta Hektare Gambut Dipulihkan

"Kita harapkan juga anggota DPR di dapil-dapilnya segera mungkin melihat keadaan di daerah masing-masing. Pimpinan DPR juga akan meninjau langsung di daerah," kata Novanto ketika ditemui di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin, 26 Oktober 2015.

Politisi Golkar ini meminta, anggota dewan menyelidiki izin pembakaran hutan yang berasal dari lurah atau camat setempat. "Untuk itu DPR akan mengkaji betul-betul untuk mengevaluasi izin-izin pembakaran hutan, berapa lurah dan camat yang betul mengizinkan."

Badan Restorasi Gambut Dinilai Membebani Fiskal

Sebagaimana diketahui, salah satu aturan soal izin membuka lahan dengan membakar ini tertuang dalam Peraturan Gubernur Kalimantan Tengah Nomor 15 Tahun 2010 Tentang Perubahan Gubernur Kalimantan Tengah Nomor 52 Tahun 2008 Tentang Pedoman Pembukaan Lahan dan Pekarangan Bagi Masyarakat di Kalimantan Tengah yang membolehkan pembakaran hutan. Pergub ini diteken Gubernur Kalteng, Agustin Teras Narang.

Pasal satu ayat ketiga dalam Pergub memang memunculkan polemik. Pasal itu isinya antara lain: Kewenangan pemberian izin (pembukaan lahan dengan membakar hutan) sebagaimana dimaksud ayat (1) dan (2) dengan luas lahan di bawah 5 Ha (hektare) dilimpahkan kepada:

a. Camat, untuk luas lahan di atas 2 Ha sampai dengan 5 Ha;
b. Lurah/Kepala Desa, untuk luas lahan di atas 1 Ha sampai dengan 2 Ha;
c. Ketua RT, untuk luas lahan sampai dengan 1Ha

Jokowi Ancam Copot Kapolri dan Panglima TNI

(mus)

Petugas menunjukkan sebaran titik api yang muncul di sejumlah kawasan hutan dan lahan di Indonesia

Riau Kembali Alami Musim Kemarau

Meski sebagian wilayah mengalami hujan, di Riau masih ada titik api.

img_title
VIVA.co.id
3 Februari 2016