VIDEO: Penampakan Aneh 'Planet' Berapi-api di AS

Penampakan objek diduga Planet Nibiru.
Sumber :
  • YouTube

VIVA.co.id - Sebuah rekaman video menarik perhatian para pengguna internet. Seorang pengguna YouTube, Melissa Huffman, mengunggah rekaman video yang terbilang aneh. Ada penampakan benda bulat aneh bersinat di antara awan di langit lepas pantai Florida, Amerika Serikat.

Penampakan objek bulat itu terlihat jelas berada di atas horison matahari terbenam. Sementara di sisi agak berjauhan, sudah ada penampakan bulan .
Beberapa netizen, khususnya peminat teori konspirasi beranggapan penampakan objek misterius itu adalah Planet X atau dikenal sebagai Planet Nibiru.

Bagi yang meyakini keberadaan Planet Nibiru, planet itu terletak di tepi Tata Surya. Namun bagi penganut teori konspirasi, keberadaan Planet Nibiru adalah pertanda petaka, sebab pengaruh gravitasi planet itu telah menganggu orbit planet pada ratusan tahun lalu.

Beberapa yang meyakini teori ini mengklaim Planet Nibiru mengirimkan partikel energi plasmatik melalui Tata Surya kita. Kemudian aliran energi itu akan menganggu 'aliran inti' bumi dan memicu adanya perubahan katastropik dalam iklim bumi.

Mereka meyakini sejak 1996, manusia di bumi telah merasakan dampak merusakĀ  planet tersebut. Buktinya, kata penganut teori itu, adalah banyaknya bencana alam dan pola cuaca yang aneh, adalah dampak dari planet tersebut.

Terkait hal itu Badan Antariksa AS (NASA) membantah adanya klaim Planet Nibiru. Bagi NASA, apa yang disampaikan penganut teori konspirasi itu adalah informasi sesat.

"Nibiru dan cerita lain tentang planet lainnya dalah hoax internet," tegas NASA dikutip dari Daily Mail, Senin 26 Oktober 2015.

Menurut NASA, tidak ada dasar faktual atas klaim yang disampaikan penganut teori konspirasi tersebut. NASA mengatakan jika jika Nibiru atau Planet X benar nyata dan pernah berhadapan dengan bumi pada 2012, astronom seharusnya sudah bisa melacak planet tersebut setidanya satu dekade sebelumnya. Atau jika memang tak terlacak planet itu bisa terlihat dengan mata telanjang pada saat ini.

"Dan jelas itu (Planet Nibiru) tidak ada," kata NASA.

Pengunggah video, Huffman mengatakan ia tak merekayasa unggahannya tersebut. Huffman mengaku benar-benar melihat penampakan aneh tersebut.

"Ya, saya bersama teman lain yang juga melihatnya," tulis Huffman dalam komentar di YouTube.

Sementara pengguna YouTube lain mencoba menganalisa penampakan aneh tersebut. Satu pengguna mengatakan penamapakan aneh itu adalah reaksi troposfer yang dibuat oleh kristal es. Jadi penampakan itu adalah fatamorgana matahari.

"Planet yang Anda lihat itu adalah matahari, dan daerah super terang di bawahnya adalah sinar matahari yang tersebar oleh kristal es di bawahnya," jelas salah satu pengguna.

Pengguna itu menegaskan memang jelas tidak ada planet dalam rekaman video tersebut. Penampakan itu tegas adalah fenomena atmosfer yang dikenal cukup langka.

Ditemukan, Ikan Berkaki dan Berhidung Mirip Manusia
Pergerakan Bintang di Singapura

Peneliti: Semua Daerah Bisa Lihat Planet di Atas Kepala

Asal seluruh lampu dimatikan dari pukul 20.00 sampai 21.00

img_title
VIVA.co.id
6 Agustus 2016