Hidayat Nur Wahid: Pemuda Harus Terlibat dalam Pembangunan

Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid
Sumber :
VIVA.co.id
Komisi I Akan Panggil Pihak yang Disebutkan Freddy Budiman
- Ada tiga peristiwa besar yang terjadi dalam sejarah Indonesia selama bulan Oktober ini. Masing-masing 19 Oktober  sebagai hari Bela Negara, 22 Oktober Hari Santri dan 28 Oktober sebagai hari Sumpah Pemuda.

Kerusuhan di Tanjung Balai Harus Diusut Tuntas

Munculnya hari Bela Negara ditandai oleh keberanian Mr Syafrudin Prawiranegara, yang berada di Bukit Tinggi untuk mendeklarasikan berdirinya Pemerintahan Darurat Republik Indonesia pada 19 Oktober 1948. Keberanian itu muncul, karena Presiden dan Wakilnya yang ada di Jakarta, ditangkap dan ditahan pemerintahan kolonial Belanda. Ia khawatir, Indonesia dianggap kalah, setelah pemimpinnya ditangkap, karena itu Mr Syafrudin memberanikan diri mendeklarasikan PDRI.
Setelah ke DPR, Zaskia Gotik Belajar Pancasila di Kemenhan


Pernyataan itu disampaikan Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid ketika menjadi narasumber pada Dialog Kebangsaan bersama Pengurus Besar Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII). Acara tersebut berlangsung di Aula Koordinator Perguruan Tinggi Agama Islam (Kopertais) Provinsi  DKI Jakarta, pada Selasa 27 Oktober 2015. Bersama pimpinan Fraksi PPP MPR Zainut Tauhid Sa'adi, Hidayat membahas  tema Menyongsong 87 tahun Sumpah Pemuda dan Pra Muspimnas PMII 2015".


Sedangkan peringatan Hari Santri, mengambil momen resolusi  jihad yang dipimpin KH Hasyim Asy'ari pada 22 Oktober 1945. Hari Santri menjadi bukti bahwa perjuangan santri membela tanah air diakui negara. Pengakuan tersebut diberikan oleh Presiden Jokowi melalui Kepres Nomer 22/2015.


Resolusi jihad ternyata mampu menyatukan berbagai golongan yang ada di Indonesia. Termasuk  kalangan non santri, abangan dan priyayi. Mereka  ikut serta dalam resolusi jihad, yang dipimpin KH Hasyim Asy'ari,  termasuk Bung Tomo. Sedangkan 28 Oktober sebagai hari Sumpah Pemuda merupakan peringatan atas terjadinya sumpah pemuda pada 28 Oktober 1928.


Munculnya ketiga hari besar, itu menurut Hidayat tak bisa dilepaskan dari kiprah dan peran generasi muda. Ketiga peringatan itu juga menjadi bukti bahwa pemuda, dari sebelum Indonesia merdeka sudah mengambil perannya masing-masing. Karena itu, ke depan generasi muda pun harus bisa terus berperan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.


"Apalagi, keterlibatan masyarakat termasuk generasi muda dalam kehidupan berbangsa dan bernegara diakui oleh UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Bahkan seorang anggota masyarakat bisa membatalkan sebuah UU yang dibuat oleh DPR dan pemerintah, kalau dia bisa membuktikan bahwa UU tersebut bertentangan dengan UUD NRI 1945", kata Hidayat menambahkan.


Sedangkan Zainut Tauhid Sa'adi mengatakan, NKRI utuh hingga kini  karena adanya kerelaan untuk saling menerima dan mengalah dari kelompok-kelompok yang berbeda, yang ada di Indonesia. Salah satunya adalah kerelaan umat Islam mengganti tujuh kata dalam Piagam Jakarta menjadi Ketuhanan Yang Maha Esa. Dan sila itu kemudian menjiwai seluruh pasal lain dalam Pancasila.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya