Kekayaan Sumber Daya Alam Tak Menjamin Kesejahteraan

Ketua MPR RI Zulkifli Hasan
Sumber :
VIVA.co.id
Bom Sarinah, Ketua MPR Nilai Aparat Tak Kecolongan
- Seharusnya, umat Islam menjadi umat yang terbaik dibanding umat yang lain. Yaitu umat yang  bisa menjadi tauladan, model dan wasit bagi umat yang lainnya. Karena itulah memang yang dijanjikan Allah dalam Al Quran.

Ini Kelemahan Indonesia dalam Kelola Sumber Daya Alam

Nyatanya janji Allah itu belum terlaksana. Buktinya negara-negara Islam dibenua Arab terus bertikai. Mereka bahkan tak sungkan untuk saling menyakiti dengan saudara muslim lainnya. Bahkan budaya Islam yang semestinya tumbuh di negara-negara Islam malah semakin sulit ditemukan.
Simposium Kebangsaan MPR, Mengevaluasi Proses Ketatanegaraan

Ketua MPR RI Zulkifli Hasan

Pernyataan itu disampaikan Ketua MPR RI Zulkifli Hasan saat membuka Konvensyen Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI) ke XVI. Acara tersebut berlangsung  di Flores Ballroom Hotel Borobudur Jakarta pada Selasa 27 Oktober 2015. Selain Konvensyen, tahun 2015, ini DMDI juga menyelenggarakan Jambore Pemuda Remaja Masjid Se-ASEAN. Pada kesempatan tersebut Ketua MPR juga mendapat anugerah  Tun Perak DMDI.


Kenyataan itu, menurut Zulkifli telah menimbulkan rasa sedih dikalangan umat Islam sendiri. Karena pada saat bersamaan, banyak masyarakat non muslim yang mempraktekkan budaya dan kebiasaan Islam.


"Tapi yakinlah, suatu saat  dunia Islam dari golongan melayu, akan memulai kemajuan dan kejayaan bagi umat Islam. Semoga kelompok Melayu, itu adalah DMDI ini", kata Zulkifli menambahkan.


Karena itu menurut Zulkifli seluruh anggota DMDI yang tersebar di 18 negara bisa terus meningkatkan persatuan dan kerjasama dikalangan anggota. Ini penting, karena tanpa persatuan dan kesatuan umat Islam takkan bisa meraih kejayaannya.


Pada kesempatan tersebut Ketua MPR mengingatkan pentingnya membangun masyarakat, terutama melalui pendidikan. Karena hanya dengan pendidikan sebuah bangsa bisa mencapai kemajuan dan kesejahteraan. Terbukti banyak negara bisa meski negaranya miskin, tidak memilik sumber daya alam.


"Satu-satunya cara untuk maju adalah meningkatkan kualitas pendidikan manusianya. Terbukti banyak negara yang kaya namun tetap miskin karena sumber daya manusianya terbelakang", kata Zulkifli menambahkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya