Raih Penghargaan, Artis Cantik Korea Ini Dihujat

Jun Ji Hyun
Sumber :
  • REUTERS/Kim Hong-Ji

VIVA.co.id - Sukses membintangi drama Man From The Star, membuat nama Jun Ji Hyun kembali meroket. Ia dianggap sebagai sosok yang berhasil kembali menggeliatkan demam Korea ke seluruh dunia. 

YoonA Jadi Anak Calon Presiden

Dari situ, Jun Ji Hyun dianggap pantas mendapatkan penghargaan The President Awards di ajang 2015 Korean Popular Culture and Arts Awards.

Tetapi, kemenangan Jun Ji Hyun menjadi kontroversi. Netizen menganggap artis ini tidak pantas mendapatkan penghargaan tersebut. Netizen mengklaim Jun Ji Hyun tak memiliki jiwa patriotisme dan nasionalime terhadap negaranya.

Kenangan Pahit Artis Korea Kim Chung Ha

"Dia tidak memiliki jiwa patriotisme dan nasionalisme," tulis salah satu netizen seperti dilansir dari Soompi, Kamis 29 Oktober 2015. 

Netizen lain menambahkan bukti bahwa Jun Ji Hyun tak pantas meraih penghargaan tersebut. Artis itu dianggap tak menghargai sejarah. Hal itu terlihat saat artis berambut panjang ini mempromosikan film Assassination

Wajah Cantik Artis Korea Diolok-olok di Dunia Maya

Film ini mengambil setting cerita saat Korea dijajah Jepang pada 1933. Jun Ji Hyun disinggung soal tersebut. 

"Saya tidak memiliki kepentingan soal sejarah. Saya mengambil peran ini, karena naskah yang sempurna dan karakter saya sangat menarik," ujar Jun Ji Hyun. 

Dan yang semakin membuat netizen meradang adalah saat Jun Ji Hyun dan Kim Soo Hyun membintangi iklan air mineral sebuah perusahaan Tiongkok. Iklan ini sempat menjadi sorotan. 

Iklan tersebut menuliskan mata air yang digunakan diambil dari Gunung Jangbaek (Changbai). Jangbaek adalah sebutan Tiongkok untuk merujuk Gunung Baekdu.

Mereka menilai nama Changbai di situ seakan-akan menyebutkan bahwa gunung tersebut berada di wilayah Tiongkok. 

"Ironis sekali, Jun Ji Hyun yang dikontrak eksklusif perusahaan Tiongkok mendapatkan penghargaan. Seharusnya, penghargaan ini hanya diberikan kepada mereka yang mewakili kebudayaan Korea," protes netizen lainnya. 

Namun, perwakilan dari Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata berusaha untuk meluruskan pro kontra terkait penghargaan yang diraih Jun Ji Hyun. 

"Kami kurang tahu tentang kontroversi Jangbaek atau Gunung Baekdu. Tidak ada yang keberatan tentang Jun Ji Hyun saat proses verifikasi. Kami memilih dia atas penghargaan ini karena kontribusinya yang signifikan untuk gelombang Hallyu," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya