30-10-1973: Jembatan Penghubung Eropa-Asia Diresmikan

Jembatan Turki
Sumber :
  • todayszaman.com
VIVA.co.id
DPR: Jangan Tutup Sekolah Hanya karena Permintaan Turki
- Hari ini, 42 tahun yang lalu, sebuah jembatan yang menyatukan benua Eropa dan Asia diresmikan. Jembatan Bosphorus (
Bosphorus Bridge
Sekolah Pribadi Bandung Akui Simpan Buku Fetullah Gulen
) adalah salah satu dari dua jembatan yang membentang di atas Selat Bosphorus, yang menghubungkan sisi Eropa dan Asia dari Istanbul.
Erdogan Keluarkan Dekrit, Sipil Kuasai Militer Turki

Jembatan ini membentang dari Ortakoy di sisi Eropa dan Beylerbeyi di sisi Asia. Ini adalah jembatan Bosphorus yang pertama.


Dikutip dari
viator.com
, jembatan sepanjang 1.560 meter menjadi jembatan gantung terpanjang keempat di dunia. Saat diresmikan pada 30 Oktober tahun 1973 dan merupakan jembatan pertama yang menghubungkan Eropa dan Asia. Jembatan ini juga menjadi salah satu jembatan gantung terpanjang di dunia.


Selat Bosphorus memiliki fungsi yang sangat strategis dan penting, baik secara militer maupun ekonomi. Selat ini sempat menjadi rebutan dalam sejarah dunia. Pertama, ketika terjadi perang Rusia-Turki pada tahun 1877-1878, dan tahun 1915, saat Perang Dunia I, ketika tentara sekutu menyerang Dardanella.


Saat ini, menurut Konvensi Montreux Mengenai Selat Turki, yang disepakati pada Juli 1936, Selat Bosphorus disepakati sebagai jalur pelayaran internasional. Namun Turki tetap mempertahankan hakĀ  untuk membatasi lalu lintas Angkatan Laut dari negara-negara non Laut Hitam.


Sejak tahun 2007, sistem pencahayaan LED dipasang untuk menerangi jembatan di malam hari, menggunakan teknologi yang sudah komputerisasi, setiap malam, jembatan tersebut akan memancarkanĀ  cahaya warna-warni.


Jembatan ini juga tertutup untuk pejalan kaki. Hanya kendaraan roda empat yang bisa melintasi jembatan tersebut yang diperlakukan sebagai jalan tol. Pada kondisi tertentu, semisal acara marathon, maka jembatan tersebut bisa dilintasi.



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya