Menteri Susi Rombak Kementerian Kelautan dan Perikanan

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Ismar Patrizki
VIVA.co.id
Skema Asuransi untuk Satu Juta Nelayan
- Selama setahun menjabat, Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, merombak Kementerian Kelautan dan Perikanan. Langkah ini demi menggenjot kinerja kementerian.

Menteri Susi: 4 Kapal Baru untuk Berantas Pencurian Ikan
"Secara terstruktur, kami telah melakukan gerakan perubahan di seluruh internal Kementerian Kelautan dan Perikanan supaya bisa menyamai kecepatan kerja Bu Susi," kata Sekretaris Jenderal Kementerian Kelautan dan Perikanan, Syarief Widjaja, dalam acara "Refleksi Kinerja Satu Tahun Kementerian Kelautan dan Perikanan" di Gedung Mina Bahari III milik Kementerian Kelautan dan Perikanan, Jakarta, Jumat 30 Oktober 2015.

Perbincangan Jokowi-Kalla Soal Reshuffle Kabinet
Syarief mengatakan, Kementerian KP semakin transparan dan akuntabel. Misalnya, dalam menentukan pejabat eselon kementerian. Kementerian KP melakukan assessment dalam menetapkan pejabat eselon I, II, dan III. 

Selain itu, administrasi keuangan kementerian pun juga menjadi sasaran perbaikan. Hasilnya, laporan keuangan Kementerian KP mendapatkan predikat wajar tanpa pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

"Kami yakin administrasi kami baik dan tidak ada nepotisme," kata dia.

Syarief mengatakan, di bawah kepemimpinan Susi, sudah ada ratusan regulasi yang diterbitkan. Ada 100 Keputusan Menteri dan 30 Peraturan Menteri yang telah dikeluarkan pada tahun pertama Susi menjabat sebagai menteri. 

Pengadaan barang dan jasa pun dilakukan dengan e-catalogue. Hal ini bertujuan agar tak ada kecurangan dalam lelang barang dan jasa.

"Pengadaannya lebih cepat dan meminimalkan kecurangan," kata dia. (ren)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya