Enam Bisnis Menjanjikan Bagi Pensiunan

Ilustrasi pensiunan
Sumber :
  • Halomoney
VIVA.co.id
Lima Aktivitas yang Bikin Gampang Boros
- Ketika Anda memasuki masa pensiun, bukan berarti Anda tidak bisa lagi menghasilkan uang. Anda masih dapat berkreasi, dengan menggunakan pengalaman dan keahlian Anda untuk untuk berbisnis. 

Kiat Penting Sebelum Ajukan Kredit Elektronik
Anda bisa memilih bisnis sesuai dengan skill dan karakter Anda yang tentu saja tidak memberatkan, sehingga Anda masih memiliki waktu menikmati masa pensiun dengan bersenang-senang atau bermain dengan cucu-cucu tercinta. 

Tips Sukses Bisnis Pencucian Mobil dan Motor
Berikut ini ada enam peluang bisnis yang mungkin cocok bagi Anda:

1. Bisnis rumah kos atau kontrakan

Tempat tinggal merupakan kebutuhan primer banyak orang, sehingga bisnis di bidang properti sangat prospektif. Bagi Anda yang memiliki tanah, manfaatkan saja untuk membangun kost-kostan atau rumah kontrakan. Anda akan lebih diuntungkan jika lokasi tersebut strategis, seperti dekat kampus atau perkantoran.

Harga properti memang selalu naik, jadi Anda tidak akan rugi berinvestasi. Lagipula, menjalankan bisnis ini sangat santai karena Anda bisa melakukannya dari rumah. 

2. Dosen atau guru les

Menjadi dosen merupakan salah satu pilihan terbaik bagi pensiunan karena jamnya yang fleksibel, ditambah membuat Anda tetap mengingat pengetahuan yang sudah didapat dengan susah payah. Anda bisa melamar untuk menjadi dosen terbang atau dosen tamu di sebuah universitas.

Selain menjadi dosen, menjadi guru les juga  bisa menjadi pilihan lain karena sama-sama memiliki jam kerja yang juga sangat fleksibel. Anda bisa mengajar mata pelajaran di sekolah, mengajar alat musik, sepak bola atau keahlian yang Anda kuasai lainnya. 


3. Penyewaan mobil

Selain properti, bisnis sewa mobil ini juga santai karena dikerjakan di rumah. Bisnis sewa mobil memiliki prospek yang menjanjikan karena sarana transportasi sudah menjadi kebutuhan penting masyarakat saat ini.

Penyewaan mobil tak perlu modal besar karena hanya dengan memiliki dua mobil saja, Anda sudah bisa jalan dengan bisnis itu. Untuk memulainya, Anda bisa menyewakan mobil pribadi atau membeli mobil bekas dengan kapasitas besar, seperti mobil multi purpose vehicle (MPV). 

4. Bisnis sesuai hobi

Jika Anda hobi menulis maka Anda dapat mengirim tulisan atau artikel ke media cetak atau online. Anda juga bisa memulai menulis buku atau novel karena memiliki waktu kosong lebih banyak dibanding saat masih bekerja. 

Contoh lainnya, jika Anda hobi merajut atau menjahit maka Anda bisa mengisi waktu luang dengan kegiatan ini. Hasilnya bisa dijual ke saudara, tetangga, teman atau membuka toko online. 


5. Buka toko

Nah, bisnis ini banyak sekali diadopsi banyak orang, karena waktunya fleksible dan bisa dilakukan tanpa harus dikejar target. Anda bisa membuka toko kecil di halaman rumah Anda atau menyewa toko di lokasi strategis. 

Anda dapat menjual aneka barang dalam toko, termasuk barang kebutuhan sehari-hari, peralatan rumah tangga, peralatan tulis dan fotokopi atau pun bahan-bahan elektronik. 

Tapi ada baiknya sebelum membuka toko, Anda melakukan riset kecil-kecilan untuk mengetahui kebutuhan yang paling banyak diperlukan masyarakat sekitar dan tidak banyak pesaingnya.

6. Bisnis kuliner atau makanan

Jika Anda memiliki kemampuan dan menyukai kuliner maka usaha ini bisa menjadi pilihan utama ketika sudah memasuki masa pensiun. Jika ingin tetap berada di rumah dan selalu berkumpul bersama keluarga, Anda bisa membuka usaha katering atau bisnis makanan lain. 

Namun jika ingin bisnis kuliner dengan skala lebis besar dari itu, Anda bisa membuka tempat makan atau restoran. Kalau  kamu masih membutuhkan modal berbisnis, manfaatkan fasilitas KTA dari berbagai bank penyedia, bandingkan beberapa produk KTA bersama HaloMoney sekarang!

Suka artikel ini? Baca ratusan artikel finansial menarik lainnya di sini! 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya