FOTO: Selamat Jalan Pak Raden

Pak Raden Tutup Usia
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar
VIVA.co.id
Asyik, Unyil Reborn Akan Tayang Juli 2016
- Indonesia kembali berduka karena kehilngan sang legenda penuh inspirasi, Drs Suyadi atau dikenal dengan nama . Ia meninggal dunia, Jumat, 30 Oktober 2015. Banyak yang berduka dengan kepergian pria yang mencurahkan seluruh hidupnya untuk anak-anak Indonesia.
Lihat foto-fotonya di sini.
Cerita Ahok Dilarang Beli Lukisan Pak Raden

Sejak kuliah dia jatuh cinta pada dunia seni. Usai menempuh pendidikan seni di ITB dan Perancis membuatnya sadar, betapa minim acara anak-anak yang mendidik di Indonesia. Itulah yang menginspirasinya menciptakan tokoh boneka Si Unyil dan Pak Raden di tahun 1980-an.
Netizen Ramai Usulkan Pak Raden Jadi Pahlawan Budaya


Sejak saat itu, sosok Pak Raden selalu dekat dengan dunia seni anak-anak Indonesia. Sayangnya dedikasi Pak Raden di dunia seni tak mendapatkan apresiasi yang baik.


Ia bahkan kesulitan membiayai hidupnya, ia bahkan harus berjuang mendapatkan hakĀ  cipta dan royalti atas tokoh-tokoh boneka si Unyil yang kembali populer di tahun 2000-an.


Di akhir-akhir kehidupannya, ia bahkan sempat menjual koleksi lukisan-lukisan hasil karyanya. Sempat pula ia mendatangi istana negara untuk menjual salah satu koleksi lukisannya pada Presiden Joko Widodo. Namun sayang, ia tak berkesempatan bertemu dengan pemimpin negara tersebut. Akhirnya, salah satu lukisan karya seninya, dibeli oleh Prabowo Subianto.



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya