7 Tips Makan Sehat Saat Berkunjung ke China

Tembok Besar China.
Sumber :
  • REUTERS
VIVA.co.id
Maumere Siap Jadi Panggung Wisata Nasional dan Dunia
- China termasuk salah satu negara yang memiliki banyak skandal terkait keamanan pangan. Bahkan, data menunjukkan, setengah makanan olahan di China tidak memiliki standar keamanan dan kesehatan internasional.

Ini Alasan Bali Sibuk Gencarkan Desa Wisata

Itu lantas membuat pemerintah setempat memberlakukan hukum keamanan pangan baru termasuk hukuman yang lebih tegas untuk para pelanggar. Peraturan tersebut juga melarang penggunaan pestisida beracun pada bahan makanan dan regulasi mengenai label makanan yang lebih jelas.
10 Destinasi Wisata Ini Bakal Saingi Bali?


Masalah ini tak perlu membuat Anda mengurungkan niat berwisata ke Negeri Tirai Bambu. Ada beberapa tips makan aman dan sehat yang patut Anda ketahui seperti dilansir dari
Daily Meal
berikut ini.


1. Pilih boga bahari


Banyak sumber air di China yang memiliki masalah polusi. Hal ini berarti berbagai jenis seafood atau boga bahari bisa saja terkontaminasi. Untuk itu, beli boga bahari di pasar yang populer atau Anda bisa menyantapnya di restoran yang memiliki reputasi yang baik.


2. Konsumsi beragam makanan


Konsumsi berbagai jenis makanan dan merek yang berbeda untuk meminimalisasi risiko terlalu banyak menyantap satu jenis makanan yang tidak sehat. Banyak merek dan jenis makanan di China yang dapat dipercaya dan menyehatkan. Namun, lebih baik mengambil langkah aman dengan menyantap beragam makanan.


3. Jangan konsumsi air keran


Karena polusi yang menyebar, air keran di China tidak ideal untuk dikonsumsi. Untuk itu, Anda bisa mengonsumsi air mineral dalam kemasan botol dan jangan lupa mengosok gigi secara rutin setiap hari.


4. Jangan beli buah dan sayur yang terlihat bagus


Beberapa studi yang belum lama ini dilakukan menunjukkan bahwa residu dari berbagai pestisida seringkali ditemukan di sayur-sayuran yang dijual di pasar-pasar di China. Beberapa jenis residu tidak dapat dibersihkan dengan mudah menggunakan air. Oleh karena itu, hindari membeli buah dan sayur yang terlihat bagus tanpa cacat karena tampilan segarnya seringkali didapat dari zat pengawet.


5. Kurangi konsumsi daging


Belakangan, daging tengah menjadi sorotan di China terkait kesehatan dan kebersihan. Alangkah lebih baik jika Anda mengurangi konsumsi daging saat berkunjung ke sana.


6. Selalu beli buah yang belum dikupas


Jangan tergoda untuk membeli buah yang sudah diiris-iris. Itu karena buah iris seringkali sudah terlalu lama didiamkan dan bahkan disemprot dengan air keran yang tidak aman dikonsumsi.


7. Hati-hati membeli jajanan pinggir jalan


Tentu saja mencicipi jajanan kuliner pinggir jalan di China adalah hal wajib saat berkunjung ke sana. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, banyak penjual jajanan pinggir jalan China yang kedapatan menggunakan minyak bekas yang tak lagi sehat. Ada baiknya Anda berhati-hati sebelum membeli makanan yang dijajakan di pinggir jalan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya