Garuda Batalkan 209 Penerbangan Akibat Abu Vulkanik Rinjani

Ilustrasi/Aktivitas turis Bali di Bandara Ngurah Rai
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Bobby Andalan (Bali)

VIVA.co.id - Hingga hari ini, Kamis 5 November 2015, PT Garuda Indonesia Airlines Tbk telah membatalkan ratusan penerbangannya akibat abu vulkanik gunung Rinjani.

Garuda Jadi Maskapai dengan Protokol Kesehatan Terbaik di Dunia

Pembatalan ini menyusul surat Notice to Airman (Notam) No. A2479/15 yang baru saja dikeluarkan oleh Briefing Office Kementerian Perhubungan Republik Indonesia tentang penutupan Bandara Ngurah Rai Denpasar, Bandara Internasional Lombok, dan Bandara Blimbingsari Banyuwangi.

Pada Kamis 5 November 2015, Vice President Corporate Communication Garuda, Benny S Butarbutar, mengatakan bahwa pembatalan penerbangan ini merupakan dampak dari erupsi Gunung Rinjani. Manajemen maskapai pelat merah itu pun akan menghentikan sementara waktu operasional penerbangan sampai dengan Jumat 6 November 2015 pukul 08.45 waktu setempat.

Garuda Luncurkan Layanan Penerbangan Vintage Era 70-an

"Hingga hari ini total tercatat 209 penerbangan Garuda Indonesia yang batal," kata Vice President Corporate Communications Garuda Indonesia, Benny S Butarbutar di Jakarta, dalam keterangannya.

Benny menambahkan, merespon pemberitahuan dari otoritas ketiga bandara tersebut, Garuda Indonesia kembali akan menghentikan operasional penerbangannya  sementara waktu hingga hari Jumat.

Garuda Indonesia Dinobatkan Jadi Maskapai Paling Disukai

Hal ini mengingat sampai saat ini Gunung Rinjani terus mengeluarkan abu vulkanik. Sebaran abu vulkanik tersebut kian meluas dan tentunya dapat membahayakan keselamatan penerbangan.

BUMN penerbangan ini akan terus memonitor situasi dan perkembangan berkaitan dengan aktivitas Gunung Rinjani serta kesiapan Bandara Ngurah Rai Denpasar, Bandara Blimbingsari Banyuwangi dan Bandara Internasional Lombok untuk kembali melaksanakan operasional penerbangan.

"Dengan situasi saat ini, kami harapkan para penumpang segera melakukan reschedule atau perubahan jadwal penerbangan, di seluruh ticketing office Garuda Indonesia terdekat atau segera menghubungi call center Garuda Indonesia," kata dia.

Benny mengatakan penerbangan Garuda Indonesia dari dan menuju Denpasar, Banyuwangi dan Lombok, akan dilayani setelah tiga bandara tersebut dinyatakan dibuka kembali oleh otoritas yang berwenang. Dengan mempertimbangkan situasi yang terjadi, Garuda menghimbau para penumpang untuk tidak menuju Bandara sampai dengan pemberitahuan bahwa Bandara Ngurah Rai, Bandara Blimbingsari dan Bandara Internasional Lombok akan beroperasi kembali.

"Kami mengimbau para penumpang dengan tujuan Denpasar, Banyuwangi, dan Lombok dapat langsung melakukan perubahan reservasi tiket melalui Call Center Garuda Indonesia (24 jam) di nomor 021-2351 9999 dan 0804 1 807 807. Garuda akan terus mengupdate situasi terkini melalui www.garuda-indonesia.com dan Twitter @IndonesiaGaruda," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya