Unik, Bukit Ini Bikin Menteri Penasaran

Bukit Jamur terletak di Desa Bungah, Gresik, Jawa Timur.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dody Handoko
VIVA.co.id
Reaksi Kocak Kapolda Jatim Namanya Masuk Survei Pilkada
- Bukit Jamur  terletak di Desa Bungah, Gresik, Jawa Timur. Bukit ini unik, selain bentuknya yang mirip dengan jamur, bukit ini juga dikelilingi bukit kapur dan sawah. Bukit jamur ini belum ditetapkan pemerintah sebagai lokasi wisata, sehingga untuk masuk ke bukit ini masih gratis.
 
Golkar: Pilkada Jatim Pertarungan Khofifah dan Saifullah
Salah satu batu jamur, tersebut memiliki puncak tertinggi hingga mencapai 7 meter. Diperkirakan bahwa batu jamur tersebut, terbentuk karena adanya abrasi selama bertahun-tahun hingga bentuk batu-batu jamur tersebut berubah tampak seperti sekarang. 
 
Pemalang Siap Tawarkan Desa Wisata Cikendung
Dengan bentuk batu yang unik seperti jamur tersebut, bukit jamur ini menjadi tempat yang menarik serta unik untuk masyarakat sekitar. Bahkan, bukit jamur ini telah menyita peratian dunia dengan banyaknya kunjungan warga asing demi melihat dan menikmati pesona dan keindahan tersembunyi bukit jamur tersebut.
 
Bukit jamur ini sebenarnya bekas galian tambang kapur yang sudah lama ditinggalkan dan mengalami erupsi pada bagian bawah, di mana bagian bawah batu teksturnya lebih rapuh dari pada bagian atas.

Bukit jamur
Bukit Jamur terletak di Desa Bungah, Gresik, Jawa Timur. Foto: Dody Handoko
 
Semula area perbukitan kapur ini boleh dikunjungi setiap hari. Namun, karena bukit jamur ini lahan galian C milik perorangan akhirnya ada larangan dikhawatirkan mengganggu proses kerja. Namun hari minggu pengunjung bebas mengunjungi lokasi ini dan hanya dikenai biaya masuk Rp3.000.
 
Untuk menuju ke bukit jamur, dari kota Gresik menuju ke barat melewati jalur pantura, setelah melewati jembatan sungai Bengawan Solo akan di jumpai pertigaan Bungah. Dari pertigaan ini belok kiri mengikuti petunjuk ke arah Dukun, sekitar satu kilometer di sisi kanan jalan ada gang masuk ke area pertambangan bukit kapur dan proyek pembangunan perumahan Pondok Bungah Indah.

Setelah masuk gang lurus saja sampai mentok ada pertigaan belok kiri dan tinggal ikuti jalan maka bukit jamur sudah kelihatan di sisi kanan jalan. Akses masuk lainnya dari pertigaan Bungah bisa lurus mengikuti petunjuk ke Tuban.
 
Sekitar 500 meter sebelum pondok pesantren Al Islah di sisi kiri jalan ada jalan masuk ke proyek penambangan, masuk dan ikuti jalan lurus terus nanti bukit jamur sudah kelihatan di sisi kanan jalan.

Menteri Desa, Daerah Tertinggal Dan Transmigrasi, Marwan Jafar beberapa pekan lalu sempat berkunjung ke lokasi ini. Pasalnya, ia penasaran setelah melihat bukit ini melalui internet.

(mus)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya