VIDEO: Rekaman Aktivitas Matahari Terbaik

Matahari berlubang
Sumber :
  • www.space.com/NASA/SDO

VIVA.co.id - Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) merilis video detail aktivitas matahari. Kumpulan rekaman video berdurasi 30 menit itu disebut NASA sebagai video kompilasi aktivitas matahari terbaik selama lima tahun terakhir.

Video rekaman terbaik ini memiliki tampilan matahari dengan warna yang unik. Video rekaman hadir dengan kualitas video 4K, empat kali lebih baik dibandingkan resolusi standar definisi tinggi (HD).

Dikutip dari News.com, Jumat, 6 November 2015, video kompilasi terbaik itu diambil dari pesawat antariksa Solar Dynamics Observatory (SDO) milik NASA. Pesawat yang diluncurkan pada 2010 ke orbit bumi itu memang dikhususkan untuk misi mempelajari dan mengawasi aktivitas matahari.

Dengan misi tersebut diharapkan peneliti bisa makin memahami sistem hubungan matahari dan bumi, serta juga mendalami bagaimana aktivitas matahari.

Dalam keterangan video yang diunggah di platform YouTube itu, Goddard Space Flight Centre NASA menuliskan bagaimana kondisi aktivitas matahari selama ini.

"Itu selalu bersinar, terang benderang, dengan cahaya dan energi yang mendorong cuaca, biologi dan lainnya," tulis Goddard Space Flight Centre pada video yang diunggah awal November 2015.

Goddard Space Flight Centre menuliskan dalam menjalankan aktivitasnya, matahari menjalankan 'tugas' menjaga kehidupan di bumi dan mengirimkan aliran konstan partikel yang disebut angin matahari.

"Angin matahari kadang-kadang meletus dengan awan raksasa material surya yang dikenal coronal mass ejections (CME)," tulis Goddard Space Flight Centre.

CME secara umum bisa dijelaskan merupakan ledakan sinar-X yang disebut jilatan api matahari.

Keterangan lain dari CBSnews, menyebutkan video kompilasi tersebut diambil setiap 12 detik pengamatan dari pesawat SDO. Guna menciptakan video kompilasi berdurasi setengah jam itu, peneliti NASA menyebutkan butuh waktu 300 jam.

Spesialis media NASA mengaku butuh waktu puluhan 10 jam untuk menciptakan rekaman kompilasi satu menit.

AS Siapkan 'Benteng' Hadapi Badai Matahari
Milah, putri Jamilah Lemieux.

Gadis Mungil Ini Marah karena Matahari Meninggalkannya

Dia marah karena hari akan gelap.

img_title
VIVA.co.id
15 April 2016